Jumat, 13 April 2012

Prinsip Belajar Efektif menurut Thomas dan Rohwer


Thomas dan Rohwer (dalam Catharina, 2007:65), menyajikan beberapa prinsip belajar efektif
 sebagai berikut.
1)        Spesifikasi (Specification). Strategi belajar itu hendaknya sesuai dengan tujuan belajar dan karakteristik peserta didik yang menggunakannya.
2)        Pembuatan (Generativity). Strategi belajar yang efektif yaitu yang memungkinkan seseorang mengerjakan kembali materi yang telah dipelajari dan membuat sesuatu menjadi baru.
3)        Pemantauan yang efektif (efektive Monitoring), yaitu peserta didik mengetahui kapan dan bagaimana cara menerangkan strategi  belajarnya dan bagaimana cara menyatakannya bahwa strategi yang digunakan itu bermanfaat.
4)        Kemujaraban Personal (Personal Efficacy). Peserta didik harus memiliki kejelasan bahwa belajar akan berhasil apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh.
Berdasarkan pada prinsip-prinsip belajar efektif tersebut, maka strategi belajar yang dapat digunakan untuk belajar antara lain dengan membuat catatan, belajar kelompok, membaca dan memahami materi yang disajikan serta mengulang secara aktif materi yang pernah dipelajari.
Next Prev home

1 komentar:

tutorial blogpengobatan tradisional