Jumat, 09 Desember 2011

Bahaya Mengkhianati Amanah



Oleh: dakwatuna

Amanah kepemimpinan di mata seorang muslim adalah sangat berat. Amanah yang akan menjadi penyesalan di akhirat kelak. Betapa tidak, jika seorang pemimpin tidak menjalankan amanahnya, mengingkari janjinya dan menipu rakyatnya maka ia diharamkan masuk surga alias selamanya di neraka. Salah seorang sahabat merasa perlu untuk segera menyampaikan hadits ini kepada umat terkait hal besar ini. Rasulullah saw. mengancam pemimpin yang menyelewengkan jabatannya, mengkhianati amanah rakyatnya dengan ancaman yang berat.
قَالَ عَادَ عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ زِيَادٍ مَعْقِلَ بْنَ يَسَارٍ الْمُزَنِيَّ فِي مَرَضِهِ الَّذِي مَاتَ فِيهِ فَقَالَ مَعْقِلٌ إِنِّي مُحَدِّثُكَ حَدِيثًا سَمِعْتُهُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَوْ عَلِمْتُ أَنَّ لِي حَيَاةً مَا حَدَّثْتُكَ إِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَا مِنْ عَبْدٍ يَسْتَرْعِيهِ اللَّهُ رَعِيَّةً يَمُوتُ يَوْمَ يَمُوتُ وَهُوَ غَاشٌّ لِرَعِيَّتِهِ إِلَّا حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ
Diriwayatkan dari Ma’qil bin Yasar, ia berkata kepada Ubaidah bin Ziyad pada saat sakit menjelang wafatnya, “Kalau bukan karena sakit yang akan membawa kematian ini, saya tidak akan menceritakan kepadamu, bahwa saya mendengar Rasulullah saw bersabda, “Tidaklah seseorang yang diberi amanah Allah untuk memimpin rakyatnya, sedangkan ia meninggal dunia dalam keadaan menipu rakyatnya, kecuali Allah haramkan baginya masuk surga.” (Sahih Muslim, hadits ke 3409, Jilid 9, hal 349).
Semoga kita terhindar dari ancaman di atas, dan semoga kita mendapatkan seorang pemimpin yang akan mengantarkan dirinya dan kita semua ke surga. Amien.
Next Prev home

0 komentar:

Posting Komentar

tutorial blogpengobatan tradisional