Rabu, 07 Desember 2011

BANK SOAL SOSIOLOGI 2010 DISUSUN BERDASARKAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)


1. Masalah sosiologi adalah masalah yang menyangkut pemahaman terhadap………
a. sosialisasi
b. tindakan-tindakan social
c. fakta-fakta sosial pada masyarakat primitif
d. masyarakat yang dinamis
e. tindakan dan masalah sosial
2.Hasil pengamatan secara sosiologis tidak bersifat spekulatif. Hal ini menunjukkan bahwa sosiologi bersifat….
a. teoritisd. kumulatif
b. empirise. sistematis
c. sosial
3.Berikut ini yang bukan termasuk ciri-ciri sosiologi adalah..
a. empirisd. non-etis
b. teoritise. subjektif
c. kumulatif
4.Kemiskinan, gelandangan, pengemis, dan pengangguran merupakan masalah sosial dalam klasifikasi…….
a. masalah masyarakatd. masalah biologis
b. masalah ekonomie. masalah psikologis
c. masalah kebudayaan
5.Di bawah ini yang bukan sebab-sebab masalah sosial ialah…….
a. adanya pengangguran
b. adanya keterbelakangan
c. adanya persoalan penduduk
d. adanya pembatasan sumber-sumber alam
e. adanya persoalan hubungan minoritas dan mayoritas
6.Suatu interaksi terjadi pertama-tama didahului oleh kontak sosial dan diikuti dengan…………
a. sugestid. orientasi
b. imitasie. komunikasi
c. isolasi
7.Rapat antar fraksi di DPRD Kotim yang membahas suatu Perda termasuk suatu interaksi sosial yang berlangsung antara………….
a. kelompok dengan kelompok
b. kelompok dengan individu
c. individu dengan individu
d. individu dengan kelompok
e. anggota kelompok itu saja
8.Seorang dokter memberikan ceramah tentang pergaulan bebas yang berdampak pada munculnya penyakit seks menular seperti HIV/AIDS dan audiens antusias mengadakan tanya jawab kepada dokter tersebut, maka telah terjadi interaksi sosial…………
a. pakar dengan orang awam
b. orang tua dengan anaknya
c. individu dengan kelompok
d. individu dengan individu
e. kelompok dengan kelompok
9.Interaksi sosial yang bersifat disosiatif diantaranya adalah…………….
a. akomodasid. kontravensi
b. akulturasie. asimilasi
c. kerjasama
10.Setiap proses interaksi sosial harus terpenuhi syarat-syarat, yaitu………….
a. sugesti dan imitasi
b. asimilasi dan simpati
c. kontak primer dan sekunder
d. kontak langsung dan tidak langsung
e. kontak sosial dan komunikasi
11.Perhatikan proses interaksi social di bawah ini.
1. Persaingan di antara partai politik
2. Kerjasama dua negara yang bersahabat
3. Konflik antarpartai politik
4. Akomodasi berbagai kepentingan kelompok
5. Asimilasi unsur budaya masyarakat nusantara
Hal-hal di atas yang termasuk proses asosiatif adalah nomor……………..
a. 1, 2, dan 3d. 2, 4, dan 5
b. 1, 2, dan 4e. 3, 4, dan 5
c. 2, 3, dan 4
12. Zeko mengirim surat kepada gadis pujaannya melalui Afda Suki. Tindakan Zeko ini merupakan…………..
a. kontak primerd. kontak tertulis
b. kontak primer langsunge. komunikasi langsung
c. kontak sekunder langsung
13.Lewat interaksi yang intens, seorang anak laki-laki menyerap karakteristik ayahnya. Ia bangga dan ingin menjadi seperti ayahnya. Proses ini termasuk…………
a. imitasid. sugesti
b. identifikasie. meniru
c. kristalisasi
14.Suatu proses yang bercorak kasih sayang dan adanya keinginan untuk memahami orang lain, merasa tertarik pada orang lain dan bersedia mengadakan kerjasama, disebut………….
a. sugestid. motivasi
b. simpatie. identifikasi
c. imitasi
15.Unsur-unsur sistem nilai yang menghasilkan nilai-nilai dan norma-norma yang melekat dalam setiap perilaku masyarakatnya adalah sub-sistem…….
a. kebudayaand. kelompok biologis
b. kepribadiane. kepercayaan
c. sosial
16.Koentjaraningrat mengartikan nilai sosial sebagai konsepsi-konsepsi yang hidup dalam alam pikiran sebagian besar warga masyarakat mengenai……
a. segala yang memberikan petujuk
b. sesuatu yang ingin dilakukan setiap warga
c. perintah dan larangan dalam kehidupan bersama
d. hal-hal yang harus dianggap penting dalam hidup
e. tindakan-tindakan yang dilakukan oleh masyarakat
17. Suatu nilai sosial akan tetap hidup dalam masyarakat bila…………
a. mengakomodasikan kepentingan penguasa
b. nilai tersebut dianggap baik oleh masyarakat
c. tidak ada individu yang berani mengubahnya
d. nilai sesuai dengan kepentingan kelompok pribumi
e. didukung oleh pemimpin masyarakat yang otoriter
18. Nilai social yang berasal dari Tuhan, disebut nilai…………..
a. theonomd. logis
b. otonome. estetis
c. heteronom
19.Nilai yang berkenaan dengan kebaikan dan keburukan yang bersumber dari kehendak atau kemauan, disebut.....
a. nilai religiusd. nilai vital
b. nilai kebenarane. nilai moral
c. nilai keindahan
20.Nilai material adalah segala sesuatu yang………..
a. menyangkut kebutuhan fisik manusia
b. berasal dari proses berpikir yang teratur
c. berguna untuk suatu aktivitas dalam kehidupan
d. berasal dari unsur rasa atau estetika manusia
e. berguna untuk memenuhi kebutuhan rohani
18. Nilai kebenaran atau kenyataan bersumber dari unsur………..
a. rasad. etis
b. rasioe. refleksi
c. religi
19. Nilai dapat diartikan sebagai cita-cita karena merupakan………
a. moral dan keyakinan d. harapan untuk berhasil
b. tindakan yang dicapai e. tujuan yang ingin dicapai
c. sasaran untuk mencapai tujuan
20.Proses mempelajari nilai-nilai dan norma-norma social oleh individu-individu disebut………..
a. interaksi sosiald. sosialisasi
b. tindakan sosiale. proses sosial
c. hubungan sosial
21. Di bawah ini yang menggambarkan nilai etika adalah.
a. seseorang dipenjara tiga tahun
b. mempelajari sosiologi itu sangat penting
c. menggunakan telepon lebih praktis daripada berkirim surat
d. melewati orang tua harus mengucapkan permisi
e. belajar sosiologi sangat menyenangkan
22.Setiap manusia baik dalam kelompok maupun masyarakat selalu dituntut agar bersikap dan bertingkahlaku berdasarkan nilai-nilai dasar dan pokok. Nilai tersebut dinamakan……
a. nilai sosiald. nilai politik
b. nilai budayae. nilai ekonomi
c. nilai pergaulan
23.Salah satu ciri nilai adalah bersifat………
a. realitad. konkret
b. jelas sekalie. abstrak
c. nyata
24.Bagi keutuhan masyarakat, fungsi nilai sosial adalah
a. mendorong solidaritas kelompok
b. alat untuk mengetahui sifat individu
c. mencegah interaksi antaranggota masyarakat
d. memberikan batas pada kelakuan individu
e. mengidentifikasi individu dengan kelompok
25.Jika masyarakat mulai meninggalkan nilai dan norma yang ada, maka akibat langsung yang akan terjadi adalah...
a. adaptasi sosiald. perubahan sosial
b. disorganisasi sosiale. kecemburuan sosial
c. kesenjangan sosial
26.Salah satu fungsi nilai sosial adalah………
a. dijadikan milik diri melalui proses belajar
b. sebagai alat solidaritas di kalangan masyarakat
c. mengambil bagian dalam usaha pemenuhan kebutuhan sosial
d. mempunyai pengaruh yang berbeda terhadap orang-perorangan
e. mempengaruhi perkembangan pribadi secara positif dan negatif
27.Norma sosial di dalam masyarakat adalah…
a. kebiasaan-kebiasaan individu
b. aturan sosial yang dilakukan secara sukarela
c. perilaku yang pantas menurut orang yang melakukannya
d. patokan perilaku dalam suatu kelompok masyarakat tertentu
e. peraturan yang dijalankan seseorang untuk mematuhi kebutuhannya
28.Pada hakekatnya norma-norma sosial yang berisi tata tertib, petunjuk standar perilaku yang disusun untuk…………
a. mencegah tindakan-tindakan sosial tradisional
b. mencapai tujuan individu yang beraneka ragam
c. membentuk kelompok-kelompok yang berbeda-beda
d. menjamin ketertiban hubungan antar individu dalam masyarakat
e. mencegah keinginan individu atau kelompok yang bersifat kompetitif
29.Norma-norma yang berlaku secara luas di setiap kelompok masyarakat bagaimanapun tingkat peradabannya adalah norma………..
a. agama dan hukum
b. agama dan kesusilaan
c. hukum dan kesusilaan
d. kesopanan dan hukum
e. kesopanan dan kebiasaan
30.Norma kesopanan adalah peraturan sosial yang mengarah pada hal-hal yang menyangkut…….
a. sesuatu aturan yang mutlak
b. sesuatu yang dianggap baik dan buruk
c. bagaimana seseorang bertingkahlaku yang wajar
d. sesuatu aturan tentang perilaku yang diulang-ulang
e. peraturan yang memaksa seseorang berperilaku sesuai dengan keinginan pembuat aturan
31.Norma sosial yang paling tegas dan nyata sanksinya adalah………..
a. norma sosiald. norma kesusilaan
b. norma agamae. norma kesopanan
c. norma hukum
32.Berpakaian hitam sewaktu melayat ke rumah duka termasuk suatu norma sosial yang disebut………
a. usaged. custom
b. folkwayse. mores
c. perintah agama
33. Dilarang meludah di sembarang tempat, merupakan perwujudan dari norma…………..
a. folkwaysd. agama
b. kesusilaane. hukum
c. kesopanan
34. Pelanggaran terhadap usage akan dikenai sanksi………..
a. cemoohan dari masyarakat
b. mendapat teguran formal dari pemerintah
c. sanksi yang berat menurut aturan yang tertulis
d. adanya pengasingan dari masyarakat
e. sanksi yang diberikan oleh adat setempat
35. Antara norma dan nilai sangat erat kaitannya satu sama lain, sebab……….
a. nilai sama dengan norma
b. nilai lebih penting dari norma
c. nilai dan norma mempunyai sifat yang berlawanan
d. norma tidak diperlukan dalam keberhasilan nilai
e. norma diperlukan sebagai pendukung keberhasilan nilai
36.Untuk menciptakan suatu kehidupan masyarakat yang harmonis, tertib dan aman, diperlukan suatu perangkat pendukung agar hal tersebut dapat terwujud, yaitu………
a. adat istiadatd. kebudayaan
b. nilai-nilai sosiale. nilai-nilai tradisional
c. norma sosial
37. Keteraturan sosial dapat terwujud dalam kehidupan masyarakat, bila setiap warga mematuhi peraturan yang berlaku. Komponen yang sangat diperlukan untuk memelihara keteraturan sosial adalah…………
a. peraturan
b. kontrol sosial
c. aparat yang bijaksana
d. kesepakatan bersama
e. kebersamaan dan keseragaman
38.Perwujudan keteraturan sosial secara mendasar dapat diimplementasikan dalam berbagai segi kehidupan, antara lain adalah………….
a. kehidupan dalam keluarga
b. kehidupan dalam bekerja
c. kehidupan dalam rumah
d. kehidupan dalam ruang kelas
e. kehidupan dalam perpustakaan
39. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. menerima norma3. meniru
2. persiapan4. siap bertindak
Urutan tahap-tahap proses sosialisasi yang benar adalah………
a. 1, 2, 3, dan 4d. 3, 2, 1, dan 4
b. 2, 1, 3, dan 4e. 4, 3, 2, dan 1
c. 2, 3, 4, dan 1
40. Hakekat proses sosialisasi adalah……….
a. penciptaan norma-norma dan nilai baru
b. kebiasaan-kebiasaan individu dalam masyarakat
c. perpaduan antar nilai dalam suatu masyarakat
d. mempelajari nilai dan norma di dalam masyarakat
e. penolakan terhadap nilai dan norma dari kelompok masyarakat lain
41. Proses sosialisasi dalam suatu masyarakat berbeda dari proses sosialisasi masyarakat lain. Perbedaan ini ditentukan oleh………..
a. kemauan masyarakatd. pendidikan masyarakat
b. kebudayaan masyarakat e. tindakan sosial
c. kehidupan sosial masyarakat
42. Sosialisasi primer adalah proses sosialisasi yang dilakukan dalam lingkungan………..
a. sekolahd. teman bermain
b. keluargae. masyarakat luas
c. media massa
43. Sosialisasi sekunder terjadi melalui agen-agen, yaitu……..
a. keluarga, sekolah, dan masyarakat
b. sekolah, media massa, dan keluarga
c. teman bermain, sekolah, dan media massa
d. ayah, ibu, dan anggota kerabat dekat
e. tetangga, masyarakat, dan keluarga
44. Agen sosialisasi yang dapat berperan lebih lama dan bahkan berpengaruh lebih besar karena melibatkan hubungan sederajat, adalah………….
a. sekolahd. media massa
b. keluargae. organisasi kepemudaan
c. teman bermain
45. Tahap seorang anak menirukan peran-peran yang dilakukan orang dewasa disebut………….
a. play staged. labeling
b. game stagee. preparatory stage
c. generalized other
46. Peranan media sosialisasi primer dalam pembentukan kepribadian adalah……..
a. menanamkan pada anak tentang nilai dan norma
b. membuat batasan dalam bertingkah laku tertentu
c. mendorong individu berkembang sebagai makhluk sosial
d. membantu orang menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya
e. mendorong seseorang berbuat sesuai dengan tata cara yang diharapkan
47.Peranan sekolah dalam proses sosialisasi sangat berhubungan erat dengan kepastian ekonomi karena…
a. indikator kemiskinan dan kurangnya sekolah
b. semua sekolah dapat menciptakan lapangan pekerjaan
c. sekolah mengajarkan keterampilan dan pengetahuan
d. kualitas manusia ditentukan oleh tingkat pendidikannya
e. sekolah adalah tempat bermain dan belajar
48.Banyak remaja yang bersikap dan bergaya seperti artis idolanya. Hal tersebut merupakan contoh hasil
sosialisasi………
a. primerd. sempurna
b. sekundere. tidak sempurna
c. integratif
49.Hubungan antara sosialisasi dengan kepribadian adalah………
a. kepribadian adalah satu-satunya faktor sosialisasi
b.kepribadian berfungsi efektif dalam proses sosialisasi
c.kepribadian terbentuk karena adanya proses sosialisasi
d.kepribadian menentukan terjadinya proses sosialisasi
e.sosialisasi adalah satu-satunya pembentuk kepribadian
50.Akibat dari proses sosialisasi yang tidak sempurna adalah…………
a. terbentuknya keyakinan diri dalam individu
b. ketidaksanggupan individu dalam berinteraksi
c. ketidaksanggupan individu dalam menyerap norma
d. timbul pertentangan antarindividu dalam masyarakat
e.terjadinya penyesuaian diri dengan lingkungan sosialnya
51.Dua hal penting yang menjadi patokan apakah perilaku seseorang dianggap menyimpang atau tidak adalah….
a. pola perilaku dan kepribadian masyarakat
b. nilai-nilai dan norma-norma sosial
c.norma-norma umum dan tingkat pendidikan mayarakat
d.norma-norma umum dan perilaku individu dalam masyarakat
e.norma-norma umum dan situasi umum yang sedang berlangsung
52. Penyimpangan primer adalah penyimpangan sosial yang………..
a. bersifat sementara
b. hanya merugikan diri sendiri
c. melibatkan orang dalam jumlah banyak
d. dilakukan terus-menerus
e. terjadi pada masyarakat kelas bawah
53.Berikut ini mana yang merupakan contoh perilaku menyimpang sekunder……..
a. meludah di depan orang banyak
b. memalsukan laporan pajak perusahaan
c. memberhentikan bus kota di sembarang tempat
d. menimbun minyak pada saat BBM naik
e. mabuk-mabukan setiap hari tak kenal tempat
54. Mana yang termasuk contoh perilaku menyimpang berkelompok………..
a. mencuri barang dalam jumlah banyak
b. menyeberang jalan di sembarang tempat
c. minum-minuman keras secara berlebihan
d. menggelapkan uang yang bukan miliknya
e. kelompok penjahat merampok sebuah bank
55.Peilaku menyimpang yang dilakukan kelompok adalah penyimpangan yang lebih kompleks. Hal ini disebabkan….
a. kekuatan fisik lebih besar daripada individu
b. kelompok memiliki kepribadian yang beraneka ragam
c. pada kelompok jumlah individunya lebih banyak
d. kelompok memiliki nilai, norma, sikap, dan tradisi sendiri
e. kelompok terbentuk secara terencana dan bertahan lama
56.Penyimpangan kelompok lebih berbahaya dari pada penyimpangan sosial yang dilakukan individu, sebab………..
a. pelakunya banyak
b. terjadi dalam waktu lama
c. anggotanya merasa tidak melakukan penyimpangan
d. sukar dikendalikan
e. anggotanya juga mengalami konflik
57.Tindakan KKN di suatu instansi pemerintah termasuk tife perilaku penyimpangan………..
a. primer-individud. sekunder-individu
b. primer-kelompoke. primer-sekunder
c. individu-kelompok
58.Suatu perbuatan disebut perilaku menyimpang apabila………
a. melanggar keinginan kelompok
b. mengabaikan nilai dan norma
c. memperhatikan dorongan hati nurani
d. melanggar nilai dan mematuhi norma
e. mengabaikan norma dan mematuhi nilai
59. Contoh tindakan atau perilaku menyimpang adalah sebagai berikut, kecuali…………….
a. penyalahgunaan narkotika
b. mematuhi aturan sekolah
c. pacaran secara bebas
d. membantu melawan musuh dalam perkelahian
e. melakukan perampokan
60. Penyimpangan primer ditandai oleh perbuatan yang bersifat…………
a. berulang-ulangd. temporer
b. individue. terpaksa
c. kelompok
61.Pengasingan diri merupakan salah satu tife pembentukan perilaku menyimpang, karena tindakan tersebut dapat………..
a. bersikap dinamis
b. menimbulkan pertentangan
c. menyebabkan orang sering marah
d. mengurangi pertikaian
e. menimbulkan sikap apatis
62.Keterlibatan para remaja dalam kasus penggunaan narkotika dan obat-obatan terlarang lebih disebabkan oleh adanya pengaruh sosialisasi dari luar keluarga, yaitu……
a. sosialisasi sekolah
b. sosialisasi media massa
c. sosialisasi teman sepermainan
d. sosialisasi kekerabatan
e. sosialisasi lingkungan kerja
63.Dalam kehidupan masyarakat sehari-hari biasanya penyebab perilaku menyimpang yang dikaitkan dengan faktor ekonomi adalah………..
a. pelacurand. kumpul kebo
b. perkelahian pelajare. lesbian dan homo seksual
c. korupsi, kolusi dan nepotisme
64. Berikut ini yang termasuk perilaku menyimpang sekunder adalah…………..
a. korupsid. kawin lari
b. homo seksuale. membolos dari sekolah
c. mengebut di jalan raya
65.Penyimpangan cenderung diulang karena perilakunya sadar ia terlanjur dianggap buruk. Hal ini merupakan penyimpangan menurut teori………….
a. fungsid. labeling
b. hedonise. anomie
c. konformitas
66.Setelah perceraian kedua orang tuanya, Wahab menjadi seorang pemabuk dan sering bolos sekolah. Contoh tersebut merupakan perilaku menyimpang yang dilatarbelakangi faktor……….
a. masuknya unsur budaya asing
b. lemahnya sanksi bagi pelanggar
c. adanya sub kebudayaan yang menyimpang
d. kurangnya pengawasan sekolah
e. proses sosialisasi yang tidak sempurna
67.Faktor eksternal yang mempengaruhi perilaku menyimpang dalam masyarakat adalah…….
a. kondisi fisikd. kondisi politik
b. faktor intelegensie. kondisi psikis
c. faktor usia
68.Pengendalian sosial represif bertujuan untuk…
a. mengendalikan masyarakat dengan kekerasan
b. membentuk pola interaksi baru dalam masyarakat
c. menciptakan kaidah-kaidah baru dalam masyarakat
d. mengembalikan keserasian yang pernah terganggu
e. mencegah terjadinya gangguan terhadap keserasian hubungan dalam masyarakat
69.Proses pengendalian sosial secara persuasif dapat diterapkan pada masyarakat yang……….
a. berlatarbelakang budaya yang beraneka ragam
b. berasal dari suku atau ras yang berbeda-beda
c. banyak mengalami konflik dengan masyarakat lain
d. belum memiliki nilai-nilai dan kaidah-kaidah yang memadai
e. tentram dengan nilai-nilai dan kaidah-kaidah yang telah melembaga
70. Mana contoh berikut ini yang termasuk pengendalian sosial koersif………….
a. polisi menembak mati seorang teroris di Magelang
b. guru piket bertanya pada peserta didik tentang alasan mengapa datang terlambat
c. guru menegur siswa yang tidak mengerjakan tugas pekerjaan rumah
d. polisi berdialog dengan para demonstran
e. penerapan denda bagi sopir yang menurunkan penumpang di sembarang tempat
71.Di bawah ini yang merupakan contoh pengendalian social melalui lembaga resmi adalah…………
a. pengeroyokan pencopet oleh masyarakat
b. perampasan barang oleh sekelompok perampok
c. pembongkaran secara paksa pemukiman oleh warga
d. penembakan pelaku kejahatan yang mencoba menyerang polisi
e. pembunuhan terhadap dukun cabul oleh sekelompok masyarakat
72.Bentuk pengendalian sosial yang bersifat noninstitusional biasanya berupa.…………
a. ejekan, penghargaan, dan gossip
b. intimidasi, paksaan, dan adat
c. tertawaan, intimidasi, dan pengucilan
d. hukum, tekanan, dan cemooh
e. cemooh, gosip, dan dikucilkan
73.Termasuk salah satu jenis pengendalian sosial berupa gossip atau desas-desus adalah……….
a. berita korupsi di televisi yang tidak ditanggapi oleh pemirsa
b. unjuk rasa mahasiswa menuntut penurunan harga BBM dan TDL
c. terbongkarnya skandal suap pejabat di Kejaksaan Agung oleh KPK
d. berita di Koran tentang tindakan kriminal yang dilakukan oleh pejabat Negara
e. berbagai opini masyarakat tentang tindakan KKN yang dilakukan pejabat Negara
74.Contoh pengendalian social yang efektif pada masyarakat dewasa ini yang berkaitan dengan fungsi tokoh masyarakat adalah………
a. kesederhanaand. sanksi yang keras
b. keteladanane. peningkatan kesejahteraan
c. kejujuran
75. Wujud pelaksanaan sanksi yang merupakan sarana pengendalian sosial ialah……..
a. konvensi dan adat-istiadat
b. intimidasi, paksaan, dan adat
c. hukum pidana dan perdata
d. nilai dan norma sosial
e. pelaksanaan perundang-undangan
76.Pembongkaran rumah-rumah liar di jalur hijau dan taman kota yang terjadi di kota-kota besar, termasuk
pengendalian sosial dengan cara…………..
a. koersifd. preventif
b. edukatife. persuasif
c. isolatif
77. Jika seseorang dijatuhi hukuman, maka pengendalian sosial bersifat…………
a. represifb. persuasif
b. preventife. pencegahan
c. tanpa kekerasan
78. Fungsi pengadilan dalam pengendalian sosial secara formal adalah………
a. menetapkan peraturan yang berlaku
b. sebagai juri dalam penyelesaian perkara
c. menyidangkan setiap perkara yang masuk
d. memberi sanksi tegas bagi yang bersalah
e. menetapkan ketentuan hukum bagi terdakwa
79. Agen kontrol sosial yang biasa menggunakan demonstrasi sebagai alat kontrol terhadap para pemimpin maupun pejabat pemerintah adalah…
a. pengadiland. polisi
b. mahasiswae. pengadilan adat
c. sekolah
80.Berikut ini yang merupakan tujuan dari pengendalian sosial, kecuali………….
a. mengarahkan tingkah laku individu
b. memaksa masyarakat untuk mematuhi hukum
c. mengekang masyarakat dalam berinteraksi
d.mengajak masyarakat untukmematuhi nilai dan norma
e.membimbing masyarakat agar mengikuti kaidah-kaidah yang berlaku
81.Jenis pengendalian sosial yang cukup efektif karena menyangkut keyakinan seseorang tentang sesuatu yang dianggap benar adalah…………
a. gosipd. agama
b. tegurane. pendidikan
c. hukuman
82.Bentuk pengendalian social yang paling efektif antara lain lewat lembaga pendidikan formal atau sekolah, sebab……….
a. dapat mengenyampingkan peranan orang tua
b.dapat bertindak tanpa campur tangan orang tua
c. sanksinya tegas jika melakukan perlawanan
d. disosialisasikan secara bertahap dan sistematis
e. sekolah adalah lembaga yang independen
83.Hal yang menjadi sebab terjadinya stratifikasi sosial yaitu……
a. kecantikan dan ketampanan
b. uang mengangkat kedudukan seseorag
c. kepandaian dan kecakapan seseorang
d. adanya kekayaan yang menimbulkan prestise
e. adanya sesuatu yang dihargai oleh masyarakat
84.Salah satu fungsi stratifikasi social adalah mengkategorikan manusia dalam tingkatan yang berbeda-beda dengan tujuan untuk…………
a. menciptakan masyarakat yang dinamis
b. menumbuhkan sikap saling menghargai
c. menciptakan masyarakat yang statis
d. menciptakan pola hubungan yang permanen
e. membina kerukunan antar golongan masyarakat
85. Pelapisan masyarakat menjadi kelas atas, menengah, dan bawah berdasarkan kriteria………..
a. sosiald. kekayaan
b. politike. peran sosial
c. ekonomi
86. Perbedaan antara antara ascribed status dengan assigned status terletak pada……
a. cara menggunakan status tersebut
b. cara pemanfaatan bagi manusia
c. reaksi masyarakat pada pemiliknya
d. cara memperolehnya
e. perilaku masing-masing pemiliknya
87. Mana contoh berikut ini yang merupakan bentuk stratifikasi sosial tertutup……
a. kasta dalam agama Hindu
b. gelar-gelar kesarjanaan
c. kedudukan dalam suatu keluarga
d. pemuka agama dan para pengikutnya
e. golongan pegawai dalam suatu kantor
88. Pada masyarakat agraris yang menjadi dasar stratifikasi sosialnya adalah……….
a. kekuasaan keluarga
b. hak atas kepemilikan tanah
c. sistem ekonomi pertanian
d. kepemilikan kekayaan
e. menonjolnya kekuasaan
89.Sistem pelapisan sosial masyarakat feodal cenderung bersifat tertutup. Hal ini disebabkan penentuan kedudukan sosial tiap-tiap anggota masyarakat didasarkan atas……………
a. keturunand. peranan
b. prestasie. pendidikan
c. status
90.Semakin tinggi suatu lapisan sosialnya, semakin sedikit jumlah anggota lapisan itu. Apabila digambarkan lapisan-lapisan sosial tersebut akan berbentuk…………
a. bolad. trapezium
b. kubuse. piramida
c. lingkaran kehidupan
91.Sistem stratifikasi sosial yang memisahkan kelas sosial secara tegas, namun juga memberikan kesempatan untuk melakukan mobilitas vertikal, oleh Mac Iver disebut tife………
a. kastad. feodal
b. oligarkhie. liberal
c. demokratis
92.Pelapisan sosial dapat terjadi karena sengaja diadakan. Tujuan dari pelapisan sosial yang sengaja dibuat adalah…………..
a. mempertahankan kekerabatan
b. membedakan prestasi dan pretise
c. membagi kekuasaan dan wewenang
d. menjaga keaslian lapisan sosial
e. menjaga kekayaan bersama
93. Pada masyarakat industri sistem pelapisan sosialnya lebih bersifat…….
a. kakud. tertutup
b. liberale. terbuka
c. demokratis
94. Gelar kebangsawanan, jenis kelamin, dan golongan umur termasuk ke dalam………..
a. ascribed statusd. konflik status
b. achieved statuse. aspek dinamis
c. assigned status
95. Diferensiasi berarti merupakan proses……….
a. pemeringkatan sosiad. perpecahan sosial
b. pembedaan sosiale. pertentangan sosial
c. pengaturan sosial
96. Fungsi diferensiasi sosial dalam masyarakat adalah………
a. menempatkan seseorang berdasarkan status dan perannya
b. membatasi orang lain ke dalam kelompok tertentu
c. untuk pengendalian sosial
d. menjaga terjadinya penyimpangan sosial
e. menghilangkan status sosial individu
97.Berikut ini yang merupakan contoh diferensiasi sosial dalam masyarakat adalah……….
a. tingkat pendidikan
b. jabatan dalam partai politik
c. jenis kelamin
d. perbedaan usia seseorang
e. sekolah menengah
98. Menurut Banton, ras ditetapkan berdasarkan perbedaan……………
a. agamad. fisik /biologis
b. kepercayaane. kebiasaan
c. tingkat pendidikan
99.Sejenis komunitas yang menampilkan persamaan bahasa, adat, kebiasaan, wilayah, sejarah, dan sistem politik yang dianut disebut……….
a. rasd. kekerabatan
b. etnik/suku bangsae. etnosentrisme
c. kelompok
100.Kemajemukan masyarakat Indonesia yang berkaitan dengan warna kulit, bentuk kepala, warna rambut, dan bola mata termasuk diferensiasi berdasarkan…………
a. rasd. keturunan
b. agamae. keterampilan
c. kebudayaan
101.Dari logat bahasa, kita dapat mengatakan bahwa suatu kelompok tertentu adalah suku Jawa, Sunda, Batak, Dayak, Minang, dan seterusnya. Diferensiasi ini berdasarkan………….
a. fisikd. sosial
b. profesie. budaya
c. rasial
102.Seseorang yang berprofesi sebagai tenaga teknisi pada suatu perusahaan, termasuk dalam kategori...
a. elited. tenaga terampil
b. professionale. tenaga tidak terlatih
c. semi professional
103. Suatu proses sosial antara dua orang atau lebih yang berusaha menyingkirkan pihak lain dengan jalan menghancurkan atau membuatnya tidak berdaya disebut………..
a. persaingan sosiald. kepedulian sosial
b. konflik sosiale. pertikaian sosial
c. kebiasaan pribadi atau kelompok
104. Berikut ini adalah faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya konflik, kecuali………..
a. perbedaan latar belakang kebudayaan
b. perbedaan usia dan tempat kelahiran
c. perbedaan pendapat antarindividu
d. perubahan nilai yang cepat
e. perbedaan pendirian dan perasaan individu
105. Kerusuhan yang dilakukan para buruh pabrik terhadap pihak perusahaan disebut konflik……….
a. antarkelasd. politik
b. antargolongane. individu
c. antargenerasi
106. Kerusuhan di Maluku dan Poso termasuk konflik…………..
a. antargolongand. politik
b. antarras dan sukue. agama
c. individu
107. Satu contoh konflik antarkelompok yang nyata adalah……….
a. pertandingan bola volleyd. kerusuhan massal
b. tawuran antarpelajare. perang antarnegara
c. usaha mendapatkan keuntungan
108. Konflik pada dasarnya merupakan proses……………..
a. integratifd. asosiatif
b. fungsionale. disosiatif
c. disfungsional
109. Konflik antar kelas dapat terjadi karena…………
a. kelas sosial tinggi senang memamerkan kekayaannya
b. berlangsungnya mobilitas vertikal antara kepentingan individu dan kelompok
c. kelas sosial rendah sulit mencukupi kebutuhan hidupnya
d. kelas sosial rendah kerap sekali mengadakan unjuk rasa
e. kelas sosial tinggi senang sekali membeli minum minuman keras
110. Wilayah negara Indonesia berbatasan dengan beberapa Negara seperti Malasya dan Papua Nugini. Jika antara Indonesia dengan Malasya timbul masalah tentang perbatasan, maka bentuk konflik yang terjadi adalah koflik...............
a. rasiald. antar kelas
b. politike. internasional
c. negara
111. Konflik yang dialami masyarakat Indonesia pada era reformasi di segala bidang adalah contoh konflik..
a. pribadid. nasional
b. politike. internasional
c. antarsuku
112. Cara yang produktif untuk menyelesaikan konflik, yaitu………..
a. forced. silencers
b. blamee. asertif
c. avoidance
113.Penyelesaian konflik yang dilakukan dengan melibatkan pihak ketiga yang memiliki keputusan mengikat, disebut cara penyelesaian……….
a. paksaand. negosiasi
b. arbitrasie. rekonsiliasi
c. mediasi
114.Pengendalian konflik sosial yang terwujud melalui lembaga-lembaga tertentu yang memungkinkan tumbuhnya pola diskusi dan pengambilan keputusan di antara pihak yang bertikai mengenai persoalan yang mereka pertentangkan. Bentuk akomodasi tersebut adalah…………
a. konsiliasid. negosiasi
b. kompetisie. kolaborasi
c. mediasi
115.Penyelesaian suatu konflik dengan mengundang pihak ketiga yang netral yang berfungsi sebagai
penasehat disebut………..
a. arbitrasid. konsiliasi
b. ajudikasie. konversi
c. mediasi
116.Integrasi masyarakat yang berkenaan dengan kelompok-kelompok etnis dan agama yang ada dalam masyarakat disebut integrasi………..
a. vertikald. budaya
b. horizontale. nasional
c. religius
117.Kemajemukan suku bangsa dapat memicu terjadinya konflik sebab……….
a. adanya kesamaan tujuan
b. adanya kesamaan kepentingan
c. menganut politik aliran yang berbeda-beda
d. adanya perbedaan pendapatan
e. adanya sikap etnosentrisme
118.Penyatuan atau saling menguatkan keanggotaan warga masyarakat dalam kelompok sosial tertentu
disebut………….
a. konsolidasid. difusi
b. integrasie. identitas sosial
c. akulturasi
119.Interseksi sosial terjadi ketika sistem sosial melakukan seleksi dengan cara…………..
a. mencari ciri khas dari suatu kelompok
b. mencari perbedaan dari berbagai persamaan
c. mencari persamaan khusus dan persamaan umum
d. menentukan fungsi dari suatu struktur sosial
e. menentukan berbagai aspek yang sama dari berbagai perbedaan
120.Fauzan adalah orang Dayak, beragama Islam, sarjana, dan pengusaha kecil yang sukses. Poltak merupakan orang Batak, beragama Nasrani, sarjana, dan juga pengusaha kecil, mereka bersahabat baik. Dari gambaran tersebut, yang menjadi interseksi pada kedua orang tersebut adalah………..
a. suku bangsa dan pendidikan
b. agama dan status sosial
c. status sosial dan pendidikan
d. agama dan suku bangsa
e. suku bangsa dan status sosial
121.Di bawah ini yang merupakan bentuk-bentuk konsolidasi, kecuali……….
a. Ikatan Mahasiswa Makasar
b. Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah
c. golongan kaum bangsawan
d. kelompok ras Malayan Mongoloid
e. suku Melayu identik dengan Islam
122. Politik aliran (sektarian) yang berkembang dalam masyarakat Indonesia merupakan politik aliran yang
diawali oleh…………
a. timbulnya berbagai partai politik
b. adanya kekuatan yang terbentuk dalam fraksi-fraksi
c. perbedaaan agama dan keyakinan yang dianut masyarakat
d. keanekaragaman paham dan ideologi informal dalam masyarakat
e. tindakan memaksakan kehendak dari suatu kelompok ke kelompok lain
123. Akibat positif dari persaingan yang berkaitan dengan konsolidasi adalah………..
a. solidaritas in-groupd. demokratisasi
b. integrasi sosiale. toleransi
c. akomodasi baru
124. Proses mutual akulturasi timbul karena adanya….
a. stabilitas nasionald. pemerataan pendapatan
b. demokratisasi politike. kebebasan berpendapat
c. masyarakat tidak menyukai perubahan
125. Adanya perkumpulan warga masyarakat suku Batak, suku Sunda, suku Jawa, suku Minang, dan suku-
suku lain di Jakarta merupakan contoh…………
a. interseksid. politik aliran
b. primordialismee. konsolidasi sosial
c. integrasi sosial
126. Salah satu contoh primordialisme dalam dunia birokrasi adalah…………
a. adanya dwifungsi TNI
b. sistem demokrasi Pancasila
c. dilakukannya sistem pemilihan presiden secara langsung
d. memperjuangkan putra daerah untuk menduduki jabatan politik di daerah
e. asas pelaksanaan pemilihan umum yang benar-benar jujur, adil, serta Luber
127. Untuk mewujudkan integrasi nasional yang kuat diperlukan syarat-syarat tertentu. Salah satu syarat yang paling mendasar adalah…………..
a. memupuk integritas kelompok sosialnya sendiri
b. telah hilangnya sikap primordial dan chauvinisme
c. mobilitas sosial yang makin cepat dan meluas
d. terciptanya kelompok-kelompok sosial yang lebih homogen
e. tercapainya konsensus nasional terhadap adanya sistem nilai budaya bangsa dan norma dasar yang dipedomani bersama.
128. Berikut ini adalah faktor-faktor yang mendorong terjadinya mobilitas sosial, kecuali……..
a. status sosial d. pertumbuhan penduduk
b. ras dan agamae. tingkat pendapatan
c. situasi politik
129. Pada dasarnya unsur yang berpindah dalam mobilitas sosial adalah………..
a. strata sosiald. kelompok sosial
b. situasi sosiale. hubungan sosial
c. interaksi sosial
130. Seorang kepala dusun yang diangkat menjadi kepala desa merupakan contoh…………
a. horizontald. struktural
b. vertikale. kultural
c. lateral
131. Berikut ini yang merupakan contoh mobilitas horizontal adalah…………
a. mahasiswa teladan menjadi sarjana yang sukses
b. direktur perusahaan yang mengalami kebangkrutan
c. pengusaha rotan bangkrut karena pegawainya korupsi
d. seorang petani kopi berganti menjadi petani cengkeh
e. buruh perkebunan karet berhasil menjadi pedagang karet terbesar di kotanya
132. Seorang pejabat Jaksa Agung yang tertangkap tangan telah menerima sejumlah uang suap dari terdakwa BLBI diberhentikan secara tidak hormat dari pekerjaannya. Kejadian ini termasuk bentuk mobilitas…………..
a. veritkal turund. intragenerasi
b. vertikal naike. antargenerasi
c. horizontal
133. Perubahan kedudukan sosial, baik ke atas maupun ke bawah, yang dialami seseorang di masa hidupnya
disebut mobilitas……….
a. horizontald. intragenerasi
b. strukturale. antargenerasi
c. pertukaran
134. Seorang guru yang berhasil meniti karier menjadi Menteri Pendidikan Nasional dapat disebut mengalami
mobilitas…………..
a. vertikal strukturald. horizontal antargenerasi
b. vertikal antargenerasie. horizontal intragenerasi
c. vertikal intragenerasi
135.Perubahan kedudukan sosial seorang anak yang berbeda dengan kedudukan sosial ayahnya disebut
mobilitas………….
a. intragenerasid. kenaikan
b. antargenerasie. struktural
c. horizontal
136.Mobilitas sosial yang disebabkan karena adanya kemajuan teknologi, pertumbuhan ekonomi, peperangan disebut mobilitas…………..
a. intragenerasi d. horizontal
b. antargenerasie. struktural
c. perikaian
137. Perhatikan contoh berikut ini!
1. pedagang menjadi pengusaha sukses
2. mutasi guru SMA
3. kenaikan pangkat pegawai negeri
4. karyawan biasa menjadi manajer
5. pengusaha mengalami kebangkrutan
Dari contoh di atas yang termasuk mobilitas vertikal naik adalah nomor…….
a. 1, 2, dan 3d. 2, 4, dan 5
b. 1, 3, dan 4e. 3, 4, dan 5
c. 2, 3, dan 4
138. Menurut Pitirim A.Sorokin, mobilitas sosial vertikal mempunyai saluran-saluran dalam masyarakat
yang disebut………..
a. social circulationd. social stratification
b. social controle. socialization
c.social movement
139. Saluran-saluran mobilitas sosial vertikal, khususnya ke atas, yang paling efektif dan banyak digunakan
oleh masyarakat adalah…………..
a. angkatan bersenjatad. organisasi profesi
b. lembaga keagamaane. organisasi perserikatan
c. lembaga pendidikan
140. Cara yang efektif untuk melakukan mobilitas vertikal ke atas pada masyarakat modern adalah……..
a. bencana alam
b. memasuki organisasi politik
c. menguasai keahlian tertentu
d. memilih pekerjaan yang sesuai
e. memperbanyak harta
141. Mobilitas sosial tidak akan terjadi pada masyarakat yang menganut sistem tertutup meskipun tidak
secara mutlak tertutup. Hal ini dapat dilihat pada masyarakat………….
a. liberald. presidensil
b. demokrasie. parlementer
c. berkasta
142. Lembaga keagamaan dapat merupakan saluran mobilitas sosial, hal ini karena…………
a. mengatur mobilitas sosial di masyarakat
b. mendorong orang berpindah pekerjaan
c. menjamin seseorang menduduki lapisan atas
d. mempermudah seseorang naik ke kedudukan yang tinggi
e. berusaha menaikkan derajat seseorang agar memperoleh derajat yang lebih tinggi
143. Salah satu dampak positif dari mobilitas social adalah………..
a. menimbulkan konflik
b. terjadinya disintegrasi sosial
c. mempercepat perubahan sosial ke arah yang lebih baik
d. mencegah orang-orang untuk bersaing
e. meningkatkan kerja sama
144. Sebagian wanita dalam masyarakat demokratis merasa terhambat untuk melakukan mobilitas vertikal, hal
ini karena faktor………….
a. tradisid. perbedaan jenis kelamin
b. diskriminasie. pendidikan yang terbatas
c. kemiskinan ekonomi
145. Mobilitas individu atau kelompok dari suatu wilayah ke wilayah yang lebih menguntungkan secara
ekonomis merupakan contoh mobilitas…………..
a. laterald. horizontal
b. kulturale. vertikal
c. structural
146. Kelompok sosial kecil yang anggotnya sedikit san saling berhubungan secara personal dalam jangka
waktu yang lama disebut sebagai kelompok………..
a. acuand. primer
b. formale. sekunder
c. gesselschaft
147. Kumpulan orang di tempat yang sama pada waktu bersamaan namun tidak memiliki hubungan yang pasti disebut……………….
a. agregatd. kategori sosial
b. fungsi sosiale. kelompok sosial
c. lembaga sosial
148. Suasana hubungan yang akrab, bersifar pribadi dan eksklusif yang terdapat dalam kehidupan masyarakat, termasuk dalam kategori……………
a. agregatd. gesselschaft
b. out-groupe. gemeinschaft
c. reference-group
149. Kelompok yang tidak memiliki struktur dan organisasi yang pasti disebut…………
a. acuand. out-group
b. formale. keanggotaan
c. informal
150. Kelompok etnis, merujuk pada…………
a. identitas budayad. bahasa
b. pola perilakue. tradisi
c. kebiasaan
151. Menurut Soerjono Soekanto yang bukan kriteria kelompok sosial, yaitu………..
a. bagian dari kelompok
b. hubungan timbal balik
c. ada faktor yang dimiliki bersama
d. bermetode
e. bersistem dan berproses
152.Suatu kelompok kekerabatan yang terdiri atas gabungan keluarga luas yang berasal dari satu nenek moyang, yang diperhitungkan melalui satu garis keturunan laki-laki atau perempuan, disebut……….
a. klan kecild. patrilineal
b. klan besare. matrilineal
c. multikultural
153.Perbedaan pokok antara gemeinschaft dengan gesselschaft adalah, bila gemeinschaft…......
a. hubungan terbatas pada urusan tertentu saja, sedangkan gesselschaft hubungan akrab dan mesra
b. hubungan akrab dan mesra, sedangkan gesselschaft hubungan bersifat pribadi
c. hubungan antarstatus bukan antarpersonal, sedangkan gesselschaft hubungan bersifat khusus
d. hubungan akrab dan mesra, sedangkan gesselschaft hubungan terbatas pada urusan tertentu saja
e. bersifat public life, sedangkan gesselschaft bersifat eksklusif
154. Faktor utama yang menunjukkan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia adalah adanya berbagai… a. kelas sosiald. kebudayaan
b. kelompok sosiale. kesenian
c. ciri fisik
155. Alasan terjadinya kemajemukan masyarakat Indonesia karena………
a. Indonesia sejak dulu dijajah bangsa lain
b. politik kolonial Belanda yang bersifat terbuka
c. posisi Indonesia memungkinkan datangnya suatu bangsa
d. masyarakat Indonesia mudah menerima kebudayaan asing
e. nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari berbagai daerah
156.Indonesia terletak di antara dua samudra dan dua benua.
Faktor geografis ini menyebabakan terjadinya kemajemukan………...
a. suku bangsa dan ras
b. ras dan agama
c. profesi dan agama
d. sistem sosial dan ekonomi
e. kedaerahan dan suku bangsa
157.Contoh kemajemukan masyarakat Indonesia berdasarkan kriteria agama ditandai dengan………..
a. pertentangan antara pemeluk agama
b. kebebasan penyebaran agama dimana saja
c. tidak ada agama mayoritas dan minoritas
d. diakuinya berbagai agama dan para pemeluknya
e. salah satu agama dianut sebagian besar masyarakat
Indonesia
158.Pengaruh kemajemukan masyarakat Indonesia terhadap kehidupan sosial adalah terjadinya dua proses penting, yaitu………….
a. solidaritas dan toleransi
b. persatuan dan kesatuan
c. integrasi dan solidaritas
d. interaksi dan integrasi
e. konflik dan integrasi
159. Kemajemukan masyarakat berdasarkan suku bangsa ditandai dengan keanekaragaman dalam hal…….
a. agama, budaya, dan mata pencaharian
b. asal-usul dan mata pencaharian
c. ras, agama, dan pandangan hidup
d. bahasa, kesenian, dan tempat asal
e. agama, asal-usul, dan budaya
160.Kemajemukan sosial budaya dalam masyarakat Indonesia mempunyai pengaruh positif terhadap usaha untuk meningkatkan ketahanan nasional dalam bentuk potensi………
a. akulturasi budaya d. integrasi nasional
b. sumber daya manusia e. keberhasilan pembangunan
c. sumber daya alam
161.Wilayah kepulauan Indonesia melatarbelakangi terjadinya kemajemukan suku bangsa karena antar wilayah terjadi……………..
a. isolasi geografis d. perbedaan iklim
b. komunikasi sepihake. relativitas budaya
c. kesenjangan budaya
162. Suatu masyarakat dapat dikatakan multikultural jika masyarakat tersebut memiliki………
a. tradisi yang banyak
b. agama yang berbada-beda
c. suku bangsa yang berbeda-beda
d. adat yang bermacam-macam
e. keanekaragaman etnik dan agama
163. Berikut ini ciri-ciri masyarakat multikultural, kecuali…
a. bersifat heterogen
b. terdiri atas berbagai suku
c. terdiri atas berbagai agama
d. hubungan sosial antarindividu bersifat toleransi
e. masyarakat tunduk pada pemerintah
164. Salah satu ciri masyarakat majemuk menurut Van Den Berghe adalah…………
a. mampu mengembangkan konsensus tentang nilai dasar
b. relatif sering terjadi konflik di antara kelompok-kelompok
c. integrasi sosial terjadi melalui konsensus dan dominasi ekonomi
d. struktur sosial terbagi ke dalam lembaga-lembaga yang komplementer
e. tersegmentasi ke dalam kelompok-kelompok yang memiliki budaya sama
165. Ungkapan “di mana bumi dipijak disitu langit dijunjung” menunjukkan adanya dominasi dan pengakuan atas keunggulan kebudayaan…………..
a. asingd. kabudayaan nasional
b. Indonesia barue. masyarakat pendatang
c. masyarakat setempat
166.Ancaman terhadap kelestarian budaya lokal oleh budaya global akan semakin nyata dengan semakin majunya teknologi di bidang…………..
a. sosial dan industri
b. komunikasi dan informasi
c. informasi dan pariwisata
d. industri dan transportasi
e. transportasi dan pariwisata
167. Integrasi nasional dapat diwujudkan dalam kehidupan masyarakat majemuk apabila………..
a. pola dan gaya hidup masyarakat seragam
b. cara berpikir anggota masyarakat relatif sama
c. keseimbangan dalam bermasyarakat dipelihara
d. masyarakat mempunyai hak dan kewajiban yang sama
e. para pemimpin dapat menyalurkan aspirasi masyarakat
168. Agar kemajemukan di bidang agama tetap lestari, bangsa Indonesia dituntut untuk…………..
a. memiliki agama yang disenangi
b. bertoleransi terhadap agama lai
c. mempelajari secara mendalam agama masing-masing
d. mempunyai fanatisme yang kuat
e. tidak mencampuradukkan ajaran agama yang ada
169. Walaupun masyarakat Indonesia memiliki anekaragam latar belakang, tetapi ada persamaan yang menjadi pemersatu bangsa, yaitu…………
a. adat istiadat yang hampir sama
b. masyarakat yang masih tradisional
c. nilai-nilai luhur yang menjadi ciri khas semua suku
d. Indonesia termasuk kelompok suku bangsa yang besar
e. bahasa-bahasa daerah sebagai kekayaan bahasa Indonesia
170. Karakteristik suatu masyarakat majemuk dapat dilihat pada kelompok yang…………
a. memiliki kebudayaan yang sama
b. hidup dalam keadaan yang damai
c. memiliki sub-kebudayaan yang berbeda
d. mengembangkan konsensus di antara para anggota
e. memiliki struktur sosial yang terbagi dalam lembaga yang bersifat komplementer
171.Berikut ini merupakan faktor utama yang mempengaruhi kelancaran proses integrasi sosial pada masyarakat majemuk, yaitu adanya………..
a. wilayah dan fanatisme
b. etnosentrisme dan fanatisme
c. pemimpin yang cakap dan bijak
d. toleransi antar suku
e. lembaga pendidikan yang maju
172.Paham yang mengukur tinggi rendahnya kebudayaan orang lain dengan tolak ukur kebudayaannya sendiri dan cenderung merendahkan kebudayaan orang lain, dinamakan………..
a. etnosentrismed. merkantilisme
b. pluralismee. rasisme
c. chauvinisme
173.Paham atau ideologi yang menganjurkan masyarakat untuk menerima dan menganggap keanekaragaman budaya merupakan hal yang wajar adalah……………….
a. kebudayaan lokald. aneka ragam kebudayaan
b. multikulturalismee. pluralitas kebudayaan
c. relativisme budaya
174. Sikap masyarakat yang berpegang teguh pada hal-hal yang dibawa sejak lahir atau kecil, seperti kesukuan, keagamaan, adat istiadat disebut………….
a. hedonismed. primordialisme
b. humanismee. etnosentrisme
c. chauvinisme
175.Salah satu contoh konflik vertikal adalah antara………….
a. rakyat dengan pemerintah
b. pemeluk agama Islam dengan agama Kristen
c. pemerintah Indonesia dengan Malaysia
d. suku Madura dengan suku Dayak
e. suku Bugis dengan suku Betawi
176.Teori yang menganggap manusia dan masyarakat mengalami perkembangan sesuai dengan tahap-tahap tertentu dari yang sederhana kemudian menjadi kompleks dan akhirnya menuju ke tahap yang sempurna, adalah teori…………..
a. complexityd. unilinear
b. multivariate. multilinear
c. universal
177.Perubahan sosial yang terjadi secara bertahap dengan waktu relatif lama disebut………
a. revolusid. perubahan konjungtur
b. evolusie. perubahan regress
c. penemuan baru
178.Perubahan yang merubah sendi-sendi pokok kehidupan masyarakat seperti sistem keluarga merupakan...
a. revolusid. intenden change
b. evolusie. unplanned change
c. reformasi
179.Proses terjadinya perubahan sosial dalam masyarakat dapat dilakukan melalui penyebaran ide-ide, keyakinan, dan unsur-unsur kebudayaan dari individu ke individu lain atau antar masyarakat. Secara sosiologis proses ini disebut……….
a. difusid. konsiliasi
b. vested intereste. arbitrasi
e. motivational forces
180.Berikut ini merupakan contoh perubahan kecil dan kurang berpengaruh terhadap bidang lain adalah perubahan………..
a. tata guna tanahd. kurikulum pendidikan
b. mode busanae. industri perdagangan
c. ekonomi masyarakat
181.Perubahan sosial diartikan sebagai progress apabila mendatangkan…………
a. peningkatan komoditas
b. keuntungan bagi golongan atas
c. kamajuan bagi masyarakat luas
d. pertumbuhan ekonomi pemerintah
e. pemerataan pendapatan nasional
182. Berikut ini adalah contoh perubahan yang pengaruhnya besar terhadap bidang lain………
a. mode rambutd. tata guna lahan
b. terjadinya modernisasie. proses pembangunan
c. kurikulum pendidikan
183. Salah satu contoh bentuk perubahan sosial yang bersifat progress adalah…………
a. listrik masuk desa menyebabkan kemalasan petani
b. siaran televisi menyebabkan siswa malas belajar
c. banyak remaja putri berpakaian sangat minim
d. pemakaian traktor menyebabkan bertambahnya pengangguran
e. penemuan telepon memperlancar sistem informasi dan komunikasi
184. Program listrik masuk desa merupaka contoh bentuk perubahan……..
a. perubahan cepat
b. perubahan lambat
c. perubahan direncanakan tetapi lambat
d. perubahan yang berpengaruh luas
e. perubahan yang tidak berpengaruh luas
185. Sebuah perubahan sosial dikatakan sebagai perubahan besar apabila………
a. mengubah struktur sosial
b. banyak diliput media massa
c. dilakukan oleh seorang tokoh ternama
d. melibatkan banyak penduduk
e. memperoleh penghargaan banyak pihak
186. Perubahan sosial yang tidak direncanakan dapat diterima oleh masyarakat luas dengan cara….
a. tetap berpegang sangat teguh pada pranata-pranata lama
b. meninggalkan kebudayaan-kebudayaan lama
c. mempertahankan pranata-pranata sosial yang ada
d. mengubah atau membuat pranata-pranata sosial yang baru
e. memisahkan hal-hal yang mengalami perubahan dengan kebudayaan yang tetap
187. Termasuk contoh bentuk perubahan cepat dan mendasar adalah…….
a. industrialisasid. hukum pernikahan
b. mode rambut e. penemuan alat-alat pertanian
c. penetapan undang-undang tenaga kerja
188. Termasuk evolusi bidang sosial adalah…………..
a. mekanisasi dalam pengolahan lahan
b. pergantian bentuk pemerintahan
c. penggunaan bibit unggul dalam pertanian
d. penerimaan masyarakat terhadap pola keluarga kecil
e. perubahan sistem pertanian ladang ke pertanian irigasi
189. Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial adalah…………..
a. program transmigrasi
b. keberhasilan program KB
c. pertumbuhan penduduk yang tinggi
d. migrasi geografis penduduk antar kawasan
e. tingkat kesejahteraan penduduk menurun
190. Termasuk faktor pendorong perubahan sosial yang datang dari masyarakat itu sendiri adalah……
a. perubahan lingkungan fisik
b. pengaruh kebudayaan luar
c. pertentangan di dalam masyarakat
d. peperangan
e. perdamaian antar masyarakat
191. Salah satu faktor pendorong perubahan sosial adalah……….
a. optimisd. kontak dengan budaya lain
b. adanya ideologie. ketertinggalan teknologi
c. vested interest
192. Faktor penghalang terjadinya perubahan sosial adalah………….
a. perubahan jumlah penduduk
b. adanya kepentingan yang tertanam kuat
c. hubungan yang kuat dengan masyarakat sekitar
d. masyarakat yang terbuka terhadap hal-hal baru
e. masyarakat memiliki semangat inovasi yang tinggi
193. Di bawah ini yang bukan merupakan faktor penghambat terjadinya perubahan sosial ialah………….
a. adanya vested interest
b. adanya sikap masyarakat yang tradisional
c. adanya prasangka terhadap hal-hal yang asing
d. perkembangan ilmu pengetahuan yang tidak terlambat
e. ketidakpuasan masyarakat terhadap bidang-bidang kehidupan
194. Di bawah ini yang termasuk faktor penghambat masyarakat untuk berubah yaitu…………
a. tingkat kebutuhan semakin bertambah
b. adanya rasa curiga terhadap unsur-unsur yang baru
c. sikap terbuka dari masyarakat terhadap hal-hal yang baru
d. sadar akan adanya kekurangan dalam kebudayan sendiri
e. adanya rasa tidak puas dengan situasi dan kondisi yang ada
195. Dalam melakukan perubahan sering dijumpai adanya kelompok masyarakat yang menolak perubahan, kelompok ini dinamakan kelompok………………
a. radikald. moderat
b. konservatife. revolusioner
c. integratif
196. Revolusi industri di Inggris telah mengakibatkan terjadinya perubahan dalam pola kehidupan masyarakat. Perubahan ini disebabkan oleh adanya faktor…………
a. peperangan d. kepadatan penduduk
b. pemberontakan masyarakat e. penemuan baru
c. konflik sosial
197. Berikut ini yang merupakan dampak positif dari perubahan sosial adalah terjadinya………….
a. demokratisasid. hedonisme
b. sekularisasie. konsumerisme
c. westernisasi
198. Dampak positif modernisasi dalam masyarakat yang berkaitan dengan pola perilaku adalah……..
a. memakai pakaian minim
b. mengutamakan uang dan barang
c. berpikir rasional dan mendukung kemajuan IPTEK
d. mengkonsumsi barang-barang dari luar negeri
e. mengadakan pesta semewah mungkin
199. Faktor dominan yamg mendorong timbulnya modernisasi adalah……….
a. pendidikand. revolusi sosial
b. komunikasi massae. reformasi sosial
c. lingkungan hidup
200. Pernyatan di bawah ini yang mencerminkan arti modernisasi dalam pembangunan nasional adalah……….
a. perubahan seluruh aspek kehidupan
b. perubahan semua unsur tradisional
c. pemakaian seluruh teknologi canggih
d. perubahan secara sistematis sesuai dengan tuntutan zaman
e. masuknya unsur-unsur kebudayaan dan teknologi asing
201. Salah satu indikasi globalisasi adalah…………
a. urbanisasid. kebebasan pers
b. mekanisasie. peningkatan pendapatan
c. pasar bebas
202. Contoh sikap modern yang dimiliki masyarakat adalah…………
a. sama dalam pendiriand. ikut arus dalam kehidupan
b. puas terhadap keadaane. kerja keras untuk mencapai hasil
c. pasrah pada keadaan
203. Masyarakat cenderung melaksanakan modernisasi di segala aspek kehidupan. Faktor pendorong modernisasi tersebut adalah…………
a. pemanfaatan teknologi tepat guna
b. sistem pengumpulan data yang baik
c. ingin hidup lebih praktis dan nyaman
d. sistem administrasi negara yang teratur
e. menciptakan iklim yang menyenangkan
204. Berikut ini yang merupakan contoh gejala modernisasi masyarakat Indonesia di bidang politik adalah meningkatnya…………….
a. keberanian mengeluarkan pendapat
b. munculnya pusat-pusat industri baru
c. aktualisasi beragama dalam kehidupan
d.pajak sebagai sumber keuangan negara
e. peranan IPTEK dalam bidang transportasi
205. Proses demokratisasi dalam bidang politik sejalan dengan modernisasi, sebab salah satu sifat manusia modern adalah……………….
a. menghormati martabat dan hak orang lain
b. bekerja dengan perencanaan dan hitungan
c. mempercayai ilmu pengetahuan dan teknologi
d. memberikan imbalan sesuai dengan hasil kerja
e. mengikuti dan peduli terhadap perkembangan zaman
206. Salah satu jenis penemuan baru yang menyebabkan perubahan yang menjalar dari suatu bidang ke bidang lain, adalah penemuan………….
a. televisid. telepon seluler
b. mesin uape. mode pakaian
c. kereta api
207. Globalisasi dapat menyebabkan masyarakat tidak siap untuk menerima unsur kebudayaan yang asing. Keadaan ini disebut…………..
a. transmisi budayad. cultural lag
b. pengayaan budayae. cultural shock
c. integrasi budaya
208. Pada masyarakat yang sedang mengalami perubahan, tidak selamanya unsur-unsur kemasyarakatan dan kebudayaan dapat mengalamai perubahan yang sama cepatnya. Keadaan ini disebut…….
a. transmisi budayad. cultural lag
b. pengayaan budayae. cultural shock
c. integrasi budaya
209. Dalam menyikapi dampak globalisasi, kita harus………….
a. menolak setiap pengaruh budaya asing
b. mewaspadai semua pengaruh asing
c. bersikap toleran terhadap masuknya budaya asing
d. bersikap terbuka untuk menerima pengaruh asing
e. menyaring semua pengaruh asing untuk hal yang bermanfaat
210. Penggunaan pakaian minim dan makan makanan ala Barat yang melanda masyarakat Indonesia merupakan akibat…………
a. urbanisasid. demokratisasi
b. westernisasie. diferensiasi
c. mobilisasi
211. Kebiasaan mengunjungi tempat hiburan malam, pergaulan bebas dan prostitusi merupakan gejala sosial akibat…………..
a. urbanisasid. sekularisasi
b. westernisasie. demokratisasi
c. modernisasi
212. Westernisasi dikatakan regres karena menimbulkan kemunduran apabila…………..
a. meniru gaya hidup Barat
b. menggunakan teknologi dari Barat
c. menggantikan nilai dan norma tradisional
d. menyebar ke seluruh masyarakat
e. merusak kepribadian bangsa
213. Perilaku masyarakat yang dapat timbul akibat sekulariasi adalah………….
a. pola konsumtif
b. menghormati harkat manusia
c. mampu menyeimbangkan pendidikan duniawi dengan agamawi
d. dapat lebih menghargai waktu
e. membuka diri terhadap budaya luar
214. Pengaruh sekularisasi terhadap industrialisasi adalah…………
a. banyak wanita yang bekerja di sektor industri
b. perubahan gaya hidup masyarakat ke arah modern
c. kebebasan mendorong etos kerja tinggi dan produktif
d. pesatnya industri sangat dipengaruhi sekularisasi
e. tidak sempat beribadah karena sibuk bekerja di sektor industri
215. Dalam kehidupan manusia ada saja masyarakat yang melihat bahwa kesenangan atau kenikmatan menjadi tujuan hidup dan tindakan manusia. Sikap seperti ini disebut…………..
a. modernisasid. konsumerisme
b. sekularisasie. hedonisme
c. westernisasi
216. Salah satu dampak negatif perubahan sosial adalah munculnya gaya hidup yang menganggap bahwa barang-barang mewah sebagai ukuran kebahagian, kesenanagan, dan lain-lain. Sikap seperti ini disebut…
a. hedonismed. sekularisasi
b. konsumerismee. modernisasi
c. westernisasi
217. Perhatikan pernyataan berikut ini.
1. memiliki satu atau beberapa tujuan
2. mempunyai lambang tertentu yang menggambarkan fungsi dan tujuan
3. tingkat kekekalannya terbatas
4. tidak bergabung dalam satu unit yang fungsional
Dari pernyataan di atas yang termasuk ciri-ciri lembaga sosial adalah…………
a. 1 dan 2d. 2 dan 3
b. 1 dan 3e. 2 dan 4
c. 1 dan 4
218. Di bawah ini yang tidak termasuk sifat khas dari suatu lembaga sosial ialah…………
a. lambang-lambangd. pola sikap dan kelakuan
b. kekuatan mengikate. rasionalisasi dan sublimasi
c. kode-kode tertulis atau lisan
219. Salah satu fungsi lembaga sosial dari pernyataan di bawah ini ialah……………
a. pedoman pada anggota masyarakat
b. menjaga keamanan masyarakat
c. melindungi masyarakat dari bencana
d. mempertahankan hubungan komunikasi
e. menciptakan kehidupan baru bagi kalangan elit
220. Proses terbentuknya suatu lembaga sosial dinamakan………
a. klasifikasid. institusionalisasi
b. sosialisasie. internalisasi
c. habitualisasi
221. Fungsi yang jelas, tampak, disengaja, dan diakui oleh lembaga sosial yang bersangkutan disebut sebagai fungsi yang bersifat……….
a. latend. transparan
b. manifese. utilitas
c. menonjol
222. Berikut ini yang termasuk dalam regulative institutions adalah lembaga…………
a. industrid. sekolah
b. pengadilane. pesantren
c. pekawinan
223. Lembaga hak milik, perkawinan, dan agama termasuk tife lembaga social……….
a. regulative institutionsd. crescive institutions
b. subsidiary institutionse. unsanction institutions
c. general institutions
224. Suatu lembaga sosial yang sengaja dibentuk masyarakat untuk mencapai tujuan tertentu termasuk tife lembaga sosial……….
a. crescive institutionsd. basic institutions
b. subsidiary institutionse. general institutions
c. enacted institutions
225. Tife lembaga sosial berdasarkan penyebarannya dibagi menjadi dua yaitu…………
a. social sanction institutions dan unsanction institutions
b. cresive institutions dan enacted institutions
c. general institutions dan restricted institutions
d. basic institutions dan subsidiary institutions
e. operative institutions dan regulative institutions
226. Di bawah ini yang bukan merupaka fungsi lembaga keluarga ialah………..
a. afeksid. sosialisasi
b. kontrol sosiale. reproduksi
c. lembaga pendidikan formal
227. Fungsi lembaga keluarga yang paling alamiah adalah…………
a. mendidik anak
b. membantu masyarakat
c. membahagiakan keluarga
d. mewariskan budaya
e. meneruskan keturunan/reproduksi
228. Fungsi manifest lembaga pendidikan adalah………….
a. melemahkan kontrol orang tua
b. mempertahankan sistem kelas sosial
c. menyediakan sarana pembangunan
d. memperpanjang masa remaja dan ketidakdewasaan
e. mempersiapkan anggota masyarakat untuk mencari nafkah
229. Salah satu peran lembaga pendidikan di masyarakat adalah…………
a. melestarikan kebudayaan
b. mengatur hubungan kekuasaan
c. memberikan identitas diri
d. mengatur hubungan manusia
e. mengatur pola relasi
230. Keunggulan lembaga sekolah bagi pembinaan generasi muda terletak pada peranannya dalam…….
a. melatih keterampilan
b. mengajar ilmu pengetahuan
c. mensosialisasikan nilai dan norma sosial
d. mendidik budi pekerti
e. membudayakan masyarakat
231. Fungsi lembaga agama bagi kehidupan manusia dalam menghadapi tantangan hidup di dunia adalah…
a. mencari keuntungan duniawi dengan maksimal
b. memberi petunjuk ke arah keselamatan duniawi
c. memberi kemudahan ke arah keselamatan akhirat
d. mengatasi ketidakberdayaan dan keterbatasan manusia
e. membuktikan kesetiaan dan penghormatan kepada Tuhan
232. Lembaga agama diperlukan masyarakat untuk mencapai tujuan tertentu terutama……..
a. mencapai kemakmuran yang sempurna
b. sistem pembagian kerja yang tidak sama
c. mencapai kebahagiaan yang bersifat universal
d. ketenteraman hidup baik di dunia maupun di akhirat
e. mengungkapkan perasaan kecintaan terhadap Tuhan
233. Menurut Durkheim agama pada hakikatnya berfungsi sebagai…………
a. candu bagi masyarakat
b. penerjemah doktrin agama
c. penerjemah doktrin agama
d. pemecah- belah masyarakat
e. pendorong perubahan ekonomi
234. Fungsi laten lembaga ekonomi adalah…………..
a. memelihara ketertiban masyarakat
b. memaksimalkan produksi ekonomi
c. mencapai konsensus antara warga masyarat
d. menghancurkan budaya tradisional
e. memelihara kelestarian lingkungan
235. Fungsi pokok lembaga ekonomi yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat ialah…….
a. mengatur ekspor dan impor
b. membentuk organisasi perekonomian rakyat
c. mengatur kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi
d. menentukan sistem perekonomian yang akan dianut
e. melakukan kerja sama dalam bidang perdagangan dan industri
236. Perhatikan beberapa organisasi berikut ini.
1. Badan Usaha Milik Negara
2. Ikatan Sarjana Indonesia
3. Perusahaan Air Minum
4. Sekolah Menengah Atas
Asosiasi yang melakukan fungsi lembaga ekonomi adalah………..
a. 1 dan 2d. 2 dan 4
b. 1 dan 3e. 3 dan 4
c. 2 dan 3
237. Masyarakat liberal pada umumnya mengenal sistem perekonomian…………
a. etatismed. komunisme
b. fasismee. kapitalisme
c. merkantilisme
238. Lembaga ekonomi yang mengatur dan menjembatani antara produsen dengan konsumen adalah….
a. pengangkutand. penjualan
b. perdagangane. pembelian
c. perindustrian
239. Dalam kegiatan lembaga ekonomi di bidang industri diperlukan………….
a. sikap kurang percaya diri
b. sikap kurang suka kerja keras
c. manusia yang bergaya hidup westernisasi
d. manusia yang bersikap apriori terhadap IPTEK
e. kualitas sumber daya manusia yang professional
240. Pernyataan berikut ini yang merupakan fungsi lembaga politik adalah…………….
a. mengatur hak dan kewajiban warga negara
b. mengatur interaksi sosial antara warga masyarakat
c. mengatur hubungan pekerja dengan pengusaha
d. mengatur kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi
e. mengatur pendidikan prasekolah sampai perguruan tinggi
241. Fungsi lembaga politik yang berkaitan dengan pelaksanaan demokrasi dalam pemilihan wakil rakyat adalah mengatur………….
a. peningkatan kesejahteraan
b. pelaksanaan pemilu
c. mobilisasi umum
d. pemerintahan yang berdaulat
e. kepemimpinan kolektif
242. Perangkat aturan dan status yang mengkhususkan diri pada pelaksanaan kekuasaan dan wewenang merupakan fungsi lembaga…………..
a. agamad. ekonomi
b. politike. keluarga
c. sekolah
243. Fungsi manifest lembaga politik ialah………..
a. menimbulkan kesenjangan sosial
b. terjadinya perebutan kekuasaan di lingkungan para elit politik
c. menimbulkan pelapisan sosial dalam kehidupan bermasyarakat
d. melaksanakan undang-undang yang telah disetujui
e. terjadinya penyalahgunaan wewenang seperti KKN
244. Kegiatan seperti pemilu, demokrasi, hukum, organisasi sosial politik adalah pelaksanaan dari lembaga…
a. politikd. agama
b. ekonomie. pendidikan
c. keluarga
245. Ciri utama penelitian ilmiah adalah…………..
a. dilakukan oleh orang terdidik
b. menggunakan metode ilmiah
c. masalah yang diteliti adalah benda-benda nyata
d. dicatat dan didokumentasikan di perpustakaan
e. dilakukan dalam jangka waktu yang lama
246. Rancangan penelitian adalah…………
a. kumpulan dari faktor yang dihimpun secara sistematis
b. persiapan penelitian yang diajukan kepada lembaga atau instansi untuk mendapat dana
c. unsur-unsur pokok penelitian yang dijabarkan ke dalam naskah yang singkat, jelas, dan utuh
d. rencana penelitian yang disusun sebelum penelitian sebagai pertanggungjawaban suatu proyek penelitian
e. pokok-pokok perencanaan penelitian yang tertuang dalam suatu kesatuan naskah secara singkat, jelas, dan utuh
247. Latar belakang masalah penelitian mengandung uraian yang menjelaskan…………
a. judul penelitiand. bagian hasil penelitian
b. masalah penelitiane. sasaran penelitian
c. alasan-alasan penelitian masalah
248. Sistematika penulisan laporan biasanya menurut rancangan penelitian sebagai berikut……….
a. judul, latar belakang, rumusan masalah
b. judul, manfaat dan tujuan, daftar perpustakaan
c. judul, latar belakang, manfaat dan tujuan
d. judul, rumusan masalah, manfaat dan tujuan penelitian
e. judul penelitian, manfaat dan tujuan penelitian, serta kesimpulan
249. Pemilihan masalah dalam penelitian yang paling baik berasal dari minat peneliti, karena………
a. akan mudah untuk dipecahkan
b. mudah untuk mengumpulkan data
c. lebih memberi motivasi bagi peneliti
d. rancangan penelitian sudah tercantum
e. akan lebih mudah dalam menganalisis data
250. Hal berikut ini yang bukan merupakan komponen yang terdapat dalam rancangan penelitian ialah….
a. rumusan masalah penelitian
b. teknik pengumpulan data
c. teknik pengolahan data
d. tujuan penelitian
e. latar belakang pengarang
251. Jenis rancanagn penelitian yang bertujuan untuk menguraikan sifat atau karakteristik dari suatu
fenomena tertentu, disebut……………
a. rancangan eksploratifd. rancangan historis
b. rancangan deskriptife. rancangan kausal
e. rancangan korelasional
252. Seorang peneliti yang baik memiliki kemampuan untuk menyelenggarakan penelitian dengan menggunakan metode dan teknik penelitian tertentu. Sikap peneliti seperti ini disebut…………
a. faktuald. rasional
b. objektife. kritis
c. kompeten
253. Apabila dalam melakukan penelitian, seorang peneliti memanipulasi (mengatur, merekayasa) atau mengontrol situasi alamiah menjadi situasi buatan sesuai dengan tujuan penelitian, maka penelitian ini termasuk jenis penelitian…………..
a. eksperimend. histori
b. deskriptife. terapan
c. kuantitatif
254. Seorang peneliti secara langsung mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, dan kuesioner. Jenis data yang diperoleh adalah jenis data…………
a. sekunderd. kuantitatif
b. primere. kualitatif
c. kumulatif
255. Keuntungan studi kepustakaan dalam rangka pengumpulan data antara lain…………….
a. data tersedia dan bervariasi
b. data cukup akurat dan lengkap
c. hemat waktu, biaya, dan tenaga
d. tidak perlu melakukan analisis
e. terdapat di seluruh perpustakaan

256. Jika seorang peneliti ingin mengetahui kecenderungan masyarakat mengkonsumsi suatu produk tertentu, maka cara pengumpulan data yang efektif digunakan yaitu………….
a. angketd. observasi
b. studi kasuse. wawancara
c. analisis media massa
257. Supaya cermat dan teliti dalam mengamati objek, peneliti dapat melakukan observasi dengan menggunakan…………….
a. alat tulisd. formulir observasi
b. alat perekame. daftar pertanyaan
c. kamera video
258. Menurut cara memperolehnya, data penelitian terdiri atas…………..
a. data internal dan data eksternal
b. data kualitatif dan data kuantitatif
c. data empiris dan data nonempiris
d. data primer dan data sekunder
e. cross section data dan time series data
259. Wawancara, angket, dokumentasi, dan observasi dalam kegiatan penelitian merupakan…………
a. teknik pengumpulan data
b. jenis perangkat penelitian
c. jenis instrument penelitian
d. tujuan pengumpulan data
e. instrument analisis data
260. Apabila peneliti ingin meneliti tentang kehidupan suku terasing, maka peneliti ikut dalam kehidupan suku terasing tersebut. Metode pengumpulan data seperti ini disebut metode observasi……….
a. simulasid. verifikasi
b. partisipasie. terstruktur
c. nonpartisipasi
261. Salah satu keuntungan pengamatan langsung dalam penelitian adalah………….
a. dapat mensimulasikan keinginan pengamat
b. memerlukan waktu untuk memperoleh hasil
c. mendapatkan data yang akurat dan menyeluruh
d. dapat mengamati fenomena yang telah lama terjadi
e. dapat mencatat hal-hal atau perilaku pada waktu kejadian
262. Arah wawancara menjadi kurang terkendali adalah merupakan kelemahan dari………
a. wawancara bebasd. quided interview
b. wawancara terpimpin e. wawancara terstruktur
c. wawancara bebas terpimpin
263. Pewawancara tidak menentang atau bereaksi terhadap jawaban responden, baik dengan kata-kata maupun dengan gerakan. Hal ini merupakan sikap pewawancara yang……….
a. adild. netral
b. ramahe. sopan
c. menghindari ketegangan
264. Data yang terkumpul melalui observasi harus dicatat dengan cermat agar lengkap dan akurat. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat bantu, yaitu………….
a. alat pemotretd. lembar observasi
b. alat perekame. pedoman wawancara
c. televisi
265.Kegiatan menginterpretasikan data sangat penting dilakukan untuk memudahkan……….
a. analisis datad. penafsiran data
b. pengolahan datae. pengelompokan data
c. penarikan kesimpulan
266. Memberi tanda atau simbol pada sistem instrument untuk pengumpulan data merupakan langkah pengolahan data yang disebut………….
a. codingd. instrumentasi
b. seleksie. pengorganisasian
c. persiapan
267. Kegiatan editing dilakukan dengan tujuan untuk…………
a. melengkapi pengisian data
b. memperbaiki kualitas data
c. mengelompokkan jawaban yang sejenis
d. meneliti kesesuaian data
e. meneliti kembali jawaban responden
268. Data yang diperoleh dari pihak kedua disebut data…………
a. primerd. kuantitatif
b. sekundere. kualitatif
c. internal
269. Berikut ini yang merupakan contoh data kualitatif ialah………
a. kondisi pengungsi gempa di Aceh
b. jumlah pengangguran di kota Surabaya
c. tingkat kriminalitas di wilayah Kotawaringin Timur
d. harga barang menjelang hari raya Idul Fitri
e. perkembangan harga sembako pasca gempa di Yogyakarta
270. Dalam mengolah data, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah……….
a. tabulatingd. reduksi
b. codinge. deskripsi
c. editing
271. Data yang tidak relevan atau tidak mendukung dalam suatu penelitian sebaiknya…….
a. diambil sebagian saja
b. didokumentasikan saja
c. digunakan sebagai perbandingan data lain
d.dibuang atau disisihkan saja
e.disimpan untuk digunakan jika perlu
272. Proses memasukkan data-data yang sudah dikelompokkan ke dalam tabel agar mudah untuk dipahami termasuk dalam proses…………….
a. editingd. eksploratif
b. codinge. eksplanatory
c. tabulating
273. Dari hasil ulangan blok kelas X diperoleh data sebagai berikut : nilai 9 = 3 orang, nilai 8 = 6 orang, nilai 7 = 11 orang, nilai 6 = 14 orang, nilai 5 = 12 orang, dan nilai 4 = 4 orang. Maka nilai rata-rata sosiologi tersebut adalah……………
a. 5,64d. 7,24
b. 6,24e. 7,22
c. 8,44
274. Skor yang membatasi 50% frekuensi bawah dan 50% frekuensi atas disebut…………..
a. meand. rerata
b. mediane. sama rata
c. modus
275. Suatu data tentang nilai sosiologi dari 11 siswa kelas XII IPS adalah sebagai berikut : 70, 67, 72, 65, 68, 73, 80, 85, 75, 78, 81. Mean dari nilai tersebut adalah…………
a. 70d. 73
b. 71e. 74
c. 72
276. Data yang frekuensi pemunculannya paling banyak disebut………….
a. meand. banyak
b. mediane. rerata
c. modus
277. Data jumlah pelanggaran lalu lintas di kota Sampit dalam dua pekan adalah 6, 7, 5, 10, 12, 7, 8, 7, 10, 17. Dari data tersebut modusnya adalah………….
a. 5d. 12
b. 7e. 17
c. 10
278. Suatu data kelompok dengan interval nilai 55 – 59 mempunyai nilai tengah…………
a. 55d. 57,5
b. 55,5e. 60
c. 57
279.Perhatikan nilai antropologi siswa kelas XII berikut ini ; 75, 25, 48, 30, 70, 42, 28, 35, 20. Dari data tersebut mediannya adalah………..
a. 20d. 48
b. 35e. 70
c. 42
280. Berikut ini yang termasuk sampel random adalah…………
a. diambil dari jumlah seluruh populasi
b. populasi memiliki kesempatan yang sama sebagai sampling
c. sampling diambil berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan
d. anggota populasi dibagi menjadi beberapa bagian yang penting
e. setiap sample memilki kelompok yang ada ciri tertentu
281. Teknik pengambilan sampel yang tepat untuk meneliti para gelandangan di Kota Jakarta adalah……
a. simple random samplingd. area sampling
b. insidental samplinge. cluster sampling
c. stratified sampling
282. Seorang peneliti ingin mengetahui hasil belajar siswa kelas XII IPS. Peneliti mengambil siswa tersebut secara acak untuk dijadikan sampel. Cara pengambilan sampel tersebut termasuk…………
a. stratad. kuota
b. clustere. proporsi
c. random
283. Feny seorang peneliti akan membagi angket di suatu sekolah yang mempunyai populasi kelas X = 246, kelas XI = 225, dan kelas XII = 200 siswa. Untuk pengambilan sample yang tepat digunakan yaitu……
a. proporsid. berstrata
b. purposife. random
c. cluster
284. Berikut ini yang merupakan bagian dari isi penelitian adalah…………
a. daftar isid. daftar diagram atau tabel
b. kata pengantare. kesimpulan dan saran
c. judul penelitian
285. Perumusan masalah diletakkan pada bagian……….
a. pendahuluand. kerangka teoritis
b. kata pengantare. hasil penelitian
c. metodologi penelitian
286. Nama penyusun, nama lembaga, nama tempat, dan tahun penyusunan laporan dituliskan pada bagian…………
a. kata pengantard. pendahuluan
b. daftar isie. halaman judul
c. daftar table
287. Hal yang penting dalam penulisan laporan penelitian agar orang dapat memahami, adalah……..
a. harus memuat elemen yang penting tentang IPTEK
b. dibuat secara sistematis, teoritis, dan terarah
c. sesuai dengan keinginan masyarakat luas
d. menggunakan bahasa yang komunikatif, baik, dan benar
e. penulisan disesuaikan dengan kemampuan peneliti
288. Dalam garis besarnya, laporan penelitian sosial yang disusun terdiri atas bagian………..
a. judul, isi, dan kesimpulan
b. kata pendahuluan dan isi laporan
c. isi, kesimpulan, dan saran
d. pendahuluan, isi, dan penutup
e. kata pengantar dan pengesahan
289. Secara umum fungsi laporan penelitian adalah…………
a. untuk menyebarluaskan hasil penelitian
b. untuk laporan perusahaan
c. untuk menjadi acuan di masa yang akan datang
d. untuk bahan dokumentasi
e. untuk mengevaluasi hasil penelitian
290. Bagian yang memberikan gambaran menyeluruh tentang isi pokok laporan penelitian adalah…….
a. daftar isid. pendahuluan
b. abstrake. pembahasan
c. latar belakang masalah
291. Laporan penelitian harus ditulis sistematis dengan tujuan……….
a. agar laporan tidak terlalu banyak halamannya
b. pandangan dan keyakinan pembaca berbeda-beda
c. menghilangkan keragu-raguan terhadap hasil penelitian
d. meyakinkan lembaga yang membiayai penelitian
e. pembaca tidak terlibat langsung dalam proses penelitian
292. Laporan penelitian yang dibuat oleh siswa perlu didiskusikan karena bermanfaat untuk hal-hal berikut, kecuali…………
a. agar siswa mampu mengembangkan pikirannya sendiri
b. melatih siswa menggunakan pengetahuan yang diperolehnya
c. memupuk rasa toleransi dan menghargai pendapat orang lain
d. memupuk keberanian siswa mengeluarkan pendapat secara bebas
e. menunjang keberanian siswa untuk dapat bersaing sebebas-bebasnya
293. Mana di antara variabel berikut ini yang menunjukkan hubungan asimetris…………
a.pekerjaan yang disukai dengan suku bangsa seseorang
b. tingkat pendidikan seseorang dengan pendapatannya
c. belajar yang rajin dengan hasil ulangan harian yang tinggi
d. jenis kelamin dengan kemampuan memahami konsep-konsep sosiologi
e. banyak anak yang meneruskan pendidikan ke SMA dengan pembelian pesawat TV
294. Saran-saran yang dibuat dalam hasil penelitian harus memenuhi ketentuan, yaitu………….
a. sesuai keinginan masyarakat luas
b. sesuai dengan kebijakan pemerintah
c. sejalan dengan lampiran-lampiran laporan
d. berkaitan erat dengan masalah dan tujuan penelitian
e. tidak bertentangan dengan pesan penyandang dana
295. Bagian isi laporan penelitian yang menguraikan tentang permasalahan secara ilmiah berdasarkan sumber buku adalah……………
a. analisis datad. perumusan masalah
b. tinjauan teoritise. metodologi penelitian
c. kesimpulan







Next Prev home

0 komentar:

Posting Komentar

tutorial blogpengobatan tradisional