Jumat, 06 April 2012

MANFAAT KHASIAT BUAH NAGA





 

Karena kadar air dalam buah naga cukup tinggi sekitar 90% dari berat buahnya maka tak jarang buah ini banyak yang disajikan dalam bentuk jus. Nah lalu bagaimana dengan kandungan serta manfaatnya bagi kesehatan? Untuk itu mari kita simak apa saja sih kandungan dan manfaat yang terkandung dalam buah naga ini.

Buah naga merupakan buah yang banyak dicari banyak orang karena manfaatnya bagi kesehatan. Akan tetapi, uniknya buah naga ini dihasilkan oleh varian kaktus yang tidak banyak membutuhkan air. Karena buah naga banyak yang mengonsumsi sehingga banyak orang yang membudidayakan tanaman buah naga ini. Asal buah naga ini sendiri dari daerah Amerika dan sampai sekarang menyebar ke daerah-daerah negara lainnya. Ciri khas buah naga yaitu kulitnya yang berwarna merah yang berbentuk bulat seperti bola api dan isinya yang berwarna putih/merah dengan bintik-bintik hitam.

Kandungan

Kandungan buah naga tergolong cukup banyak, diantaranya yaitu Niasin 1,3 mg, Riboflavin 0,044 mg, Tiamin 0,0 mg, Vitamin C 9 mg, Vitamin B3 0,43 mg, Vitamin B2 0,045 mg, Vitamin B1 0,043 mg, Besi 0,65 mg, Fosfor 36,1 mg, Kalsium 8.8 mg, Karoten 0,012 mg, Serat kasar 0,9 g, Lemak 0,61 g, Ash 0,28 g, Protein 0,229 g, Moisture 83 g, dan lain sebagainya. Nah dari kandungan itulah mengapa banyak orang yang banyak mengonsumsi buah ini. Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, buah ini juga menyegarkan serta rasa manisnya alami.

Manfaat bagi kesehatan

Untuk manfaatnya sendiri mulai dari kita menelik kandungannya sudah terlihat bahwa buah ini banyak manfaatnya bagi tubuh kita. Karena kandungannya tersebut maka tak jarang banyak orang yang menggunakannya sebagai obat atau membantu penyembuhan penyakit seperti kolesterol, diabetes, serta dapat menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu manfaat lainnya yang dapat diambil dari buah naga ini yaitu vitamin C yang dapat menangkal radikal bebas atau sebagai antioksidan.
Karena kandungan serat buah ini cukup tinggi maka dapat membantu mengikat zat karsinogen penyebab kanker. Ada juga yang memanfaatkan buah naga ini sebagai penurun berat badan dengan mengonsumsinya secara rutin karena dapat memperlancar proses pencernaan. Bagi anak-anak, buah naga ini termasuk buah yang dapat membantu proses pertumbuhan anak karena terdapat kalsium protein dan lain sebagainya. Masih banyak manfaat lainnya yang dapat diperoleh dari buah naga ini. Untuk itu mari kita biasakan hidup sehat dengan makanan sehat setiap hari.

Next Prev home

1 komentar:

  1. terjumpa info ni, juga pasal buah naga… sharing is caring :) - Khasiat Buah Naga

    BalasHapus

tutorial blogpengobatan tradisional