Jumat, 23 November 2012

Elemen-Elemen Komputer

Elemen-elemen computer dapat dibagi menjadi empat bagian utama yaitu : 
a.  Central Processing Unit (CPU) 
b. Main Memori : menyimpan data 
c.  I/O : Memindahkan data antara computer dengan lingkungan luarnya 
d. System interkoneksi : mekanisme komunikasi diantara tiga strukturnya. 

CPU 
Central Processing Unit 
1.      Merupakan komponen terpenting dari system komputer 
2.      Komponen pengolah data berdasarkan instruksi yang diberikan kepadanya 
3.      Dalam mewujudkan fungsi dan tugasnya, CPU tersusun atas beberapa komponen 

Komponen Utama CPU : 
1.      Arithmetic and Logic Unit (ALU) 
2.      Control Unit 
3.      Registers 
4.      CPU Interconnections 

Arithmetic and Logic Unit (ALU) 
1.      Bertugas membentuk fungsi – fungsi pengolahan data komputer. 
2.      ALU sering disebut mesin bahasa (machine language) karena bagian ini mengerjakan instruksi – instruksi bahasa mesin yang diberikan padanya. Seperti istilahnya 
3.      ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit arithmetika dan unit logika boolean, yang masing – masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri 

Arithmatic Logical Unit (ALU) merupakan bagian computer yang berfungsi membentuk operasi-operasi aritmatika dan logic terhadap data. Semua elemen lain system computer, control unit, register, memori, I/O berfungsi terutama untuk membawa data ke ALU untuk selanjutnya diproses dan kemudian mengambil kembali hasilnya.

ALU dan seluruh komponen elektronik dalam computer didasarkan pada penggunaan perangkat logic digital sederhana yang dapat menyimpan digit-digit biner dan membentuk operasi logic Boolean sederhana. Data diberikan ke ALU dalam register, dan hasil operasinya disimpan didalam register. Register-register ini lokasi penyimpanan sementara di CPU yang dihubungkan ke ALU dengan menggunakan lintasan sinyal. ALU juga akan menyetel flag sebagai hasil dari suatu operasi. Misalnya overflow flag distel 1 bila hasil komputasi melampaui panjang register tempat flag disimpan. Control Unit menghasilkan sinyal yang akan mengontrol operasi ALU, dan pemindahan data ke ALU atau dari ALU. Semua operasi perhitungan dan operasi logic dilakukan di dalam ALU.
Control Unit
1.      Bertugas mengontrol operasi CPU dan secara keselurahan mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi – fungsi operasinya.
2.      Termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil instruksi – instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.
Registers
1.      Media penyimpan internal CPU yang digunakan saat proses pengolahan data.
2.      Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.

CPU Interconnections
1.      Sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal dan bus – bus eksternal CPU
2.      Komponen internal CPU yaitu ALU, unit control dan register – register.
3.      Komponen eksternal CPU : sistem lainnya, seperti memori utama, piranti masukan/keluaran

Komponen Internal CPU 

Fungsi CPU
1. Menjalankan program – program yang disimpan dalam memori utama dengan cara mengambil instruksi – instruksi, menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya satu persatu sesuai alur perintah.
2. Pandangan paling sederhana proses eksekusi program adalah dengan mengambil pengolahan instruksi yang terdiri dari dua langkah, yaitu : operasi pembacaan instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan instruksi (execute)



Next Prev home

0 komentar:

Posting Komentar

tutorial blogpengobatan tradisional