Senin, 05 Desember 2011

LAPORAN OUT DOOR STUDY KUNJUNGAN KE REPUBLIK TELO




LAHIRNYA REPUBLIK TELO
 Republik Telo yang awalnya diprakarsai oleh Unggul Abinowo merupakan perusahaan pengolahan sumber daya alam berupa telo dalam berbagai olahan yang disebut juga dengan Perusahaan SPAT (Sentra Pengembangan Agribisnis Terpadu) yang terletak di di Purwodadi-Malang., Jawa Timur. Republik telo awalnya adalah sebuah home industri kecil yang didirikan oleh Unggul Abinowo (45 tahun).
 Modal yang digunakan juga adalah modal pribadi dari Unggul Abinowo. Republik Telo tergolong industri yang sangat unik karena semua produk yang dihasilkan memiliki bahan utama yang sama yaitu telo.
ubi-ungu.JPG
Semula, Republik Telo merupakan sebuah rumah makan. rumah makan ini mengawali usahanya dengan memasarkan bakpao yang dibuat dari ubi jalar. Untuk bagian luarnya, tepung ubi jalar dicampur dengan terigu. Sedangkan untuk isinya, dipakai campuran ubi jalar dengan keju, kacang hijau, coklat, dan lain-lain.

HASIL PRODUKSI REPUBLIK TELO
3.JPGimages.jpg
Sukses mereka memasarkan bakpao telo kemudian dilanjutkan dengan mengembangkan berbagai produk lainnya dari bahan baku yang sama. Hampir semuanya berwarna ungu karena bahan bakunya dari ubi jalar yang berwarna ungu. Mereka sangat kreatif menciptakan berbagai kue basah seperti: corobikang, brownies, dan banyak lagi macamnya. Dalam bentuk kering hadir pula kripik ubi jalar. Juga ada es krim dan jus dari ubi jalar.
telo4.jpg
Pada tahap berikutnya mereka mengembangkan mi yang dibuat dari ubi jalar. Warna mi-nya juga ungu. Sajian mi goreng telo dari rumah makan ini cukup enak. Tidak ada bedanya dengan mi goreng enak lainnya.
4.JPG
Belakangan ini mereka juga membuat bakpia telo yang malah langsung mendapat penghargaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai jajanan tradisional terbaik. Harus saya akui, bakpia yang sangat renyah bagian luarnya ini malah lebih bagus daripada bakpia terkenal dari satu kota di Jawa.
ALAM
Munculnya Republik Telo ini juga dikarenakan telo merupakan jenis tanaman yang dapat atau mudah beradaptasi dengan lingkungan manapun bahkan di rawa-rawa sekalipun. Selain itu telo juga dapat hidup atau ditanam pada musim apapun di Indonesia. Tidak ada cara khusus dalam menanam telo. Telo yang digunakan adalah telo hasil penanaman sendiri oleh Republik Telo, bukan hanya pemasaran saja, namun penanaman, perawatan, pengolahan hingga pemasaran ditangani sendiri oleh Republik Telo. Telo yang digunakan adalah hasil tanah yang dimiliki oleh Republik Telo yang luasnya sekitar 7 hektar. Dalam satu hari industri ini membutuhkan kurang lebih 1 ton telo yang akan diolah sekaligus diproduksi menjadi makanan-makanan yang nantinya akan dipasarkan di wilayah Malang, di cabang-cabang sekaligus di ekspor ke Singapura, Malaysia dan Thailand. Tak jarang pula pada waktu-waktu tertentu Republik telo mengalami kenaikan 100% dari kebutuhan Telo sebagaimana biasanya. Namun Republik Telo mempunyai komitmen bahwa bahan baku telo akan memakai hasil dalam negeri, tidak akan sekalipun menggunakan produk luar negeri.

TENAGA KERJA
Untuk tenaga kerja, Republik Telo memberdayakan sumber manusia yang berasal dari daerah sekitar. Dibutuhkan kurang lebih …. Yang terdiri dari kurang lebih 500 tenaga kerja yang ada di pabrik dan sisanya bekerja di luar pabrik.

SKILL
Tenaga kerja yang bertugas dalam menanam, merawat, dan mengelola, rata-rata bukanlah tenaga kerja yang memiliki skill khusus. Namun begitu, mereka adalah orang-orang yang telah dilatih dalam masa training sehingga lama kelamaan seiring berjalannya waktu, mereka menjadai tenaga kerja yang terlatih dan berpengalaman dalam bidangnya masing-masing.
MODAL
Modal awal berasal dari Unggul Abinowo perintis home industri ini, namun semakin berkembangnya dan meluasnya industri ini kebutuhan modal untuk produksi semakin tinggi. Namun modal hingga saat ini diperoleh dari Unggul Abinowo, perintis, pemilik sekaligus investor satu-satunya. Tidak ada investor lain yang masuk, bukan karena tidak ada investor yang berminat, namun inilah salah satu keunikan dari Republik Telo ini, karena dimiliki oleh satu orang yang mutlak memiliki seluruh saham perusahaan telo ini.


PASAR
Untuk pemasaran, Republik Telo sendiri telah mendirikan galeri Telo yang terletak di Malang. Di galeri inilah dijual berbagai olahan dari bahan baku telo yang dihasilkan oleh Republik Telo. Selain dipasarkan dipusat yang terletak di Malang, Republik Telo juga memiliki cabang di Bandung. Galeri ini berisi dengan restaurant, tempat pemancingan, serta sebuah supermarket yang menjual aneka oleh khas yang dihasilkan repubik Telo ini. Supermarket tersebut selain menjual aneka oleh-oleh, juga menjual aneka macam makanan siap saji seperti burger, cake, ice cream corn, dan berbagai makanan basah lainnya. Selain di dalam negeri, Republik Telo juga memasarkan produknya ke luar negeri seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand.

SEKILAS TENTANG UBI JALAR / TELO
Di seluruh dunia, ubi jalar memang “menderita” pelecehan karena selalu dianggap sebagai bahan pangan murahan. Republik Rakyat Cina sebagai negara penghasil ubi jalar terbesar di dunia sedangkan Indonesia menduduki posisi nomor dua. Indonesia menggunakan separuh produksinya untuk makanan ternak babi mereka. Padahal, di Amerika Serikat, ubi jalar merupakan salah satu sajian penting dalam sejarah kuliner mereka. Di semua pasar swalayan di Amerika Serikat, selalu kita dapat menemukan ubi jalar karena masih banyak dipakai dalam masakan mereka. Oprah Winfrey bahkan sempat memopulerkan ubi jalar demi alasan kesehatan dan tradisi.
jjk.jpgubi_jalar.jpg
Dalam tradisi kuliner Amerika – khususnya di bagian Selatan yang secara sejarah banyak dipengaruhi oleh tradisi kuliner Prancis – banyak dijumpai baked sweet potato sebagai sumber karbohidrat, khususnya untuk mendampingi masakan jenis stew yang berkuah kental. Baked sweet potato ini mirip ubi Cilembu yang dimasak dalam oven. Tetapi, berbeda dengan baked potato yang biasanya diisi dengan sour cream, mentega, rajangan daun bawang, dan bacon bits, baked sweet potato tidak di-dress sedemikian rupa. Ubi juga umum dipakai dalam masakan casseroles dan main courses. Banyak juga desserts yang dibuat dari ubi jalar, antara lain: sweet potato pie. Di Hawaii – dan juga di negara-negara Polinesia lainnya – ubi jalar sangat banyak dipakai dalam diet mereka.
KANDUNGAN DAN KHASIAT UBI JALAR / TELO
Satu ubi jalar utuh mengandung lebih dari 8800 IU Vitamin A – artinya dua kali lipat dari kebutuhan harian minimum manusia terhadap vitamin ini. Jumlah kalorinya pun hanya 141, sehingga cocok untuk mereka yang harus menjaga berat badan. Selain itu, ubi jalar juga memberi kecukupan Vitamin C, zat besi, dan vitamin maupun mineral lainnya. Kalau Anda bicara dengan ahli gizi, mereka rata-rata menempatkan ubi jalar lebih tinggi daripada kentang. Sekalipun namanya sweet potato, tetapi ubi jalar justru lebih cocok bagi penderita diabetes karena dia menstabilkan gula darah. Selain itu ubi jalar ungu juga mengandung Vitamin A lebih banyak, sehingga bermanfaat bagi kesehatan mata kita. Sama dengan bayam merah yang lebih bagus dibanding bayam hijau.
Next Prev home

8 komentar:

  1. ijin copy yah buat bantu tugas?

    trims, bantu banget!

    BalasHapus
  2. terima kasih gan, ini memanjakan orang malas. hehe

    BalasHapus
  3. ada yg puna cpnya industri ini gan? terttarrik berkunjung nih

    BalasHapus

tutorial blogpengobatan tradisional