Selasa, 10 April 2012

CONTOH : PTK PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR GUNA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD





A.    JUDUL PENELITIAN
PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR GUNA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN 2 MOJO KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010.

B.     MATA PELAJARAN DAN BIDANG KAJIAN
MATA PELAJARAN :   IPS
BIDANG KAJIAN      :   Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa.

C.    PENDAHULUAN
Sukses dan keberhasilan dalam belajar mengajar peran guru sangat menunjang dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal. Untuk memperbaiki strategi belajar, guru perlu menentukan dan membuat perencanaan pengajaran secara seksama. Hal tersebut menuntut adanya perubahan-perubahan dalam pengorganisasian kelas. Strategi belajar mengajar, penggunaan metode pengajaran maupun perilaku dan sikap guru dalam mengelola proses belajar mengajar sangat dibutuhkan dalam pembelajaran. Hal ini dilakukan untuk mempermudah siswa dalam menerapkan pengetahuannya di masyarakat dan lingkungannya.
Guru kadang-kadang kurang menyadari bahwa siswa SD pola berpikirnya masih bersifat konkrit atau nyata. Banyak siswa yang menganggap remeh pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, karena mereka menganggap pelajaran IPS adalah pelajaran yang mudah. Menurut penelitian yang dilakukan di kelas IV, guru kelas IV lebih sering menggunakan metode ceramah, tugas kelompok dan tidak pernah menggunakan media dalam pembelajaran, sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran. Siswa tidak pernah menjawab pertanyaan dari guru karena merasa takut dan malu. Siswa juga tidak pernah mengungkapkan pendapatnya setiap diminta oleh guru.
Peneliti juga mengadakan wawancara dengan beberapa siswa, mereka memberi data yang sangat banyak tentang kebiasaan guru dalam mengajar di kelas. Guru biasanya hanya ceramah dan memberi tugas kepada siswa sehingga siswa hanya pasif menerima penjelasan dari guru dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru tersebut. Guru kelas IV belum menggunakan media yang tepat dalam pembelajaran IPS sehingga siswa hanya pasif dalam pembelajaran.
Melihat kenyataan tersebut dibutuhkan suatu usaha untuk meningkatkan keaktifan siswa. Salah satunya adalah dengan menggunakan media yang tepat dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Salah satu media yang digunakan guru untuk mengaktifkan siswa adalah dengan menggunakan media gambar.
Dengan media gambar diharapkan siswa akan lebih tertarik dalam mengikuti pelajaran sehingga siswa tersebut menjadi aktif bertanya, menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat dalam pembelajaran. Selain menumbuhkan keaktifan siswa, dengan menggunakan media gambar guru lebih mudah menyampaikan materi karena siswa dapat melihat langsung hal-hal yang berkaitan dengan penjelasan dari guru.

D.    RUMUSAN MASALAH DAN PEMECAHANNYA
Permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.      Bagaimana cara meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran?
2.      Bagaimana cara penggunaan media yang tepat agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran IPS?
Pemecahan masalah :
1.      Keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS dapat ditingkatkan dengan menggunakan media gambar.
2.      Penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPS benar-benar melibatkan siswa dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

E.     TUJUAN PENELITIAN
Tujuan dari penelitian ini adalah :
1.      Memotivasi siswa untuk mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial
2.      Memotivasi siswa untuk selalu terlibat aktif dalam pembelajaran
3.      Melibatkan siswa dalam proses pembelajaran



F.     MANFAAT HASIL PENELITIAN
1.      Manfaat Teoritis
Siswa mampu meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran IPS.
2.      Manfaat Praktis
  1. Bagi siswa
        Menumbuhkan keberanian siswa untuk menjawab pertanyaan dari guru.
        Menumbuhkan keberanian siswa untuk mengemukakan pendapat.
  1. Bagi guru
        Memudahkan dalam menyampaikan materi.
        Menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi guru.
        Mengembangkan kreativitas guru dalam melaksanakan pembelajaran.
  1. Bagi sekolah
Meningkatkan kualitas sekolah.

G.    KAJIAN PUSTAKA
1.      Hakikat Media
1.1     Pengertian Media
a.         Secara harafiah kata “media” berasal dari bahasa Latin, yang merupakan bentuk jamak dari “medium” yang berarti perantara atau alat (sarana) untuk mencapai sesuatu. Association for Education and Communication Technology (AECT) mendefinisikan media adalah segala bentuk yang dipergunakan untuk suatu proses penyaluran informasi.
b.         Sedangkan Education Association (NEA) dalam Bahan Ajar Cetak Pengembangan Pendidikan PKn SD oleh Ruminiati mendefinisikan media sebagai benda yang dapat dimanipulasikan, dilihat, didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrumen yang dipergunakan dengan baik dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga dapat mempengaruhi efektifitas program instruksional.
c.         Lebih jelas lagi Koyo K dan Zulkarimen Nst (1983) dalam Bahan Ajar Cetak Pengembangan Pendidikan PKn SD oleh Ruminiati mendefinisikan media sebagai berikut : “Media adalah sesuatu yang dapat menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan seseorang sehingga dapat mendorong tercapainya proses belajar pada dirinya.
Dari tiga definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa media merupakan sesuatu yang bersifat menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan siswa, sehingga dapat terjadi proses belajar pada dirinya. Penggunaan media secara efektif memungkinkan siswa dapat belajar lebih baik dan dapat meningkatkan performan mereka sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.
1.2     Fungsi Media Pembelajaran
Beberapa fungsi dari media pembelajaran antara lain :
a.         Berperan sebagai komponen yang membantu mempermudah / memperjelas materi atau pesan pembelajaran dalam proses pembelajaran.
b.         Membuat pembelajaran menjadi menarik
c.         Membuat pembelajaran lebih realistis / obyektif
d.        Menjangkau sasaran yang luas
e.         Menghilangkan verbalisme yang hanya bersifat kata-kata
2.      Hakikat Media Gambar
Pengertian Media Gambar
Media gambar adalah bentuk bahan pembelajaran yang didesain dalam bentuk gambar. Guru dapat menggambar benda-benda yang sesuai dengan materi yang diajarkan agar siswa menjadi tertarik dan aktif dalam pembelajaran.
Kelebihan Media Gambar
a.         Sifatnya konkrit, gambar lebih realistis menunjukkan pokok masalah dibandingkan dengan media verbal semata.
b.         Gambar dapat mengatasi batasan ruang dan waktu. Tidak semua benda, obyek atau peristiwa dapat dibawa ke kelas.
c.         Gambar dapat mengatasi keterbatasan pengamatan kita.
d.        Dapat memperjelas suatu masalah, dalam bidang apa saja dan untuk tingkat usia berapa saja, sehingga dapat mencegah atau membetulkan kesalahpahaman.
e.         Murah harganya dan gampang didapat serta digunakan, tanpa memerlukan peralatan khusus.
Syarat media gambar yang baik untuk media pendidikan. Gambar dapat digunakan sebagai media pendidikan apabila mempunyai syarat :
a.         Harus autentik
Gambar tersebut haruslah secara jujur melukiskan situasi seperti orang melihat benda sebenarnya.
b.         Sederhana
Komposisinya hendaknya cukup jelas menunjukkan poin-poin pokok gambar.
c.         Ukuran relatif
Gambar dapat membesarkan atau memperkecil objek / benda sebenarnya.
d.        Gambar sebaiknya mengandung gerak atau perbuatan
Gambar yang baik tidaklah menunjukkan objek dalam keadaan diam tetapi memperlihatkan aktivitas tertentu.
e.         Gambar yang bagus belum tentu baik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Walaupun dari segi mutu kurang, gambar karya siswa sendiri seringkali lebih baik.
f.          Tidak setiap gambar yang bagus merupakan media yang bagus. Sebagai media yang baik, gambar hendaklah bagus dari sudut seni dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.


3.      Hakikat Keaktifan
Para guru memberikan kesempatan belajar kepada para siswa, memberikan peluang dilaksanakannya prinsip keaktifan bagi guru secara optimal. Peran guru mengorganisasikan kesempatan belajar bagi masing-masing siswa berarti mengubah peran guru dari bersifat didaktis menjadi lebih bersifat mengindividualis, yaitu menjamin bahwa setiap siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan di dalam kondisi yang ada (Stan, 1988: 224).
Untuk dapat menimbulkan keaktifan belajar pada diri siswa, maka guru diantaranya dapat melaksanakan perilaku-perilaku berikut :

a.       Menggunakan multimetode dan multimedia
b.      Memberikan kesempatan kepada siswa melaksanakan eskperimen
c.       Mengadakan tanya jawab dan diskusi
        Thomdike mengemukakan keaktifan siswa dalam belajar dengan hukum “low of exercise-nya yang mengatakan bahwa belajar memerlukan adanya latihan-latihan.
        MC Keachie berkenaan dengan prinsip keaktifan mengemukakan bahwa individu merupakan manusia belajar yang aktif selalu ingin tahu, sosial (MC. Keachie 1976: 230 dari Gredler MEB terjemahan Munandir, 1991: 105).
4.      Hakikat Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial diajarkan mulai dari sekolah dasar sampai tingkat lanjutan. Pembelajaran IPS yang dilaksanakan di Sekolah Dasar tidak menekankan pada aspek teoritis melainkan ditekankan pada segi praktis mempelajari, menelaah, mengkaji gejala-gejala dan masalah sosial.
Ilmu Pengetahuan Sosial, bukan merupakan suatu bidang keilmuan melainkan masalah sosial.
A. Sanusi dalam Nursid Sumaatmaja (1984) memberikan penjelasan bahwa studi sosial tidak selalu bertaraf akademik, bahkan dapat merupakan bahan-bahan pelajaran bagi siswa sejak pendidikan dasar dan dapat berfungsi selanjutnya sebagai pengantar bagi lanjutan kepada disiplin-disiplin ilmu sosial.

Kerangka Pemikiran
Media mempunyai kegunaan yang besar dalam proses pembelajaran. Media dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi kepada siswa. Dengan media siswa dapat aktif bertanya, mengemukakan pendapat dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
Dalam pembelajaran IPS media sangat membantu siswa dalam memahami suatu materi. Masih banyak guru yang menggunakan metode ceramah pemberian tugas saja sehingga siswa masih pasif dalam pembelajaran khususnya pembelajaran IPS. Guru harus memilih cara / strategi yang tepat agar siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam mengikuti pembelajaran IPS di SD.
Guru menggunakan media gambar karena media gambar adalah media yang paling mudah dimengerti dan paling umum digunakan di bangku sekolah dasar.
Dengan demikian diharapkan dengan penggunaan media gambar secara benar dan tepat dapat lebih aktif menumbuhkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPS.

 













Dari gambar di atas dapat dijelaskan bahwa pembelajaran IPS di SD yang menggunakan media gambar dapat mengaktifkan siswa sehingga pembelajaran menjadi meningkat dan prestasi belajar akan lebih baik.

H.    PROSEDUR PENELITIAN
1.      Subjek dan Objek Penelitian
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Mojo, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali. Objek penelitian ini adalah pembelajaran IPS.
2.      Waktu dan Tempat Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Juli sampai bulan Desember.
Adapun tempat penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Mojo Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali.
3.      Pengumpulan Data
a.       Sumber Data
Data atau informasi diperoleh dari berbagai sumber dan dimanfaatkan dalam penelitian meliputi :
        Informasi atau nara sumber yang terdiri dari siswa kelas IV dan guru di SDN 2 Mojo.
        Hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media gambar.
b.      Teknik pengumpulan data
        Observasi
Sasaran dilakukan observasi adalah untuk menemukan hal-hal berikut (Sumarno, 1996) :
1)      Seberapa jauh pelaksanaan tindakan telah sesuai dengan rencana tindakan yang ditetapkan sebelumnya.
2)      Seberapa banyak pelaksanaan tindakan telah menunjukkan tanda-tanda akan tercapainya tujuan tindakan.
3)      Apakah terjadi dampak tambahan atau lanjutan yang positif meskipun tidak direncanakan.
4)      Apakah terjadi dampak sampingan yang negatif sehingga merugikan atau cenderung mengganggu kegiatan lainnya.
Ditinjau dari cara pelaksanaannya observasi dibedakan menjadi 2 :
1)      Observasi non partisipatif
Adalah kegiatan pengamatan di mana orang yang melakukannya tidak ikut terlibat dalam kegiatan yang diamati.
2)      Observasi partisipatif
Adalah jenis observasi yang pengamatannya terlibat pada sebagian atau seluruh kegiatan yang diamati.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan observasi partisipatif dan dilakukan secara formal di dalam ruang kelas pada saat pembelajaran sedang berlangsung.
        Wawancara
Menurut Sumardja Kartadinata, wawancara merupakan teknik untuk mengumpulkan informasi melalui komunikasi langsung dengan responden. Dalam penelitian ini adalah guru kelas IV SDN 2 Mojo, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali. Wawancara dilakukan secara mendalam, berulang-ulang, dengan kelenturan informasi, tidak terstruktur ketat dan tidak dalam suasana formal. Sehingga dapat memperoleh kejujuran informasi terutama yang berkaitan dengan perasaan, sikap dan pandangan mereka terhadap cara yang digunakan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.
Prosedur Penelitian
Prosedur Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari siklus-siklus. Tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang dicapai, seperti yang telah didesain. Adapun prosedur Penelitian Tindakan Kelas ini secara rinci adalah sebagai berikut :


Siklus Pertama (Siklus I)
1.      Tahap Persiapan Tindakan, meliputi langkah-langkah sebagai berikut :
a.       Meminta ijin kepada kepala sekolah.
b.      Membuat RPP mata pelajaran IPS.
c.       Menyiapkan media pembelajaran yang dibutuhkan.
d.      Menyiapkan soal tes setelah dilaksanakan pembelajaran.
e.       Menyiapkan lembar penilaian.
f.       Membuat lembar observasi.
2.      Tahap Pelaksanaan Tindakan
Peneliti melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan RPP mata pelajaran IPS.
a.       Menggunakan gambar-gambar yang sesuai dengan materi pelajaran
b.      Siswa terlibat aktif dalam menggunakan media.
3.      Tahap Observasi dan Interpretasi
Kegiatan observasi dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan tindakan yaitu pada proses pembelajaran IPS dengan menggunakan media gambar. Kegiatan yang dilakukan peneliti adalah :
c.       Peneliti memonitor siswa selama proses pembelajaran.
d.      Peneliti menilai hasil yang dicapai setelah pelaksanaan pembelajaran.
e.       Membuat lembar pengamatan (keaktifan siswa).
4.      Tahap Analisis dan Refleksi
Guru dan kepala sekolah secara bersama-sama membahas hasil pembelajaran. Hasil akan menentukan perlu atau tidaknya melaksanakan siklus berikutnya. Apabila dalam siklus pertama peneliti belum berhasil maka peneliti melaksanakan siklus kedua.
Siklus Kedua (Siklus II)
1.      Tahap Persiapan Tindakan, meliputi langkah-langkah sebagai berikut :
a.       Membuat RPP mata pelajaran IPS yang berkaitan dengan temuan yang ada di siklus I.
b.      Menyiapkan media pembelajaran yang dibutuhkan untuk memperbaiki          siklus I.
c.       Menyiapkan soal tes setelah dilaksanakan pembelajaran.
d.      Menyiapkan lembar penilaian.
e.       Membuat lembar observasi.
2.      Tahap Pelaksanaan Tindakan
Peneliti melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan RPP pelajaran IPS dengan menggunakan media gambar yang sesuai dengan materi yang disampaikan.
3.      Tahap Observasi dan Interpretasi
Kegiatan observasi dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan tindakan yaitu pada proses pembelajaran IPA dengan menggunakan media gambar yang tepat.
Kegiatan yang dilakukan peneliti adalah :
a.       Peneliti memonitor siswa selama proses pembelajaran.
b.      Peneliti menilai hasil yang dicapai setelah proses pembelajaran.
4.      Tahap Analisis dan Refleksi
Guru dan kepala sekolah bersama-sama membahas hasil pembelajaran. Hasil akan menentukan perlu tidaknya melaksanakan siklus  berikutnya. Apabila pada siklus kedua ini siswa sudah menjadi aktif dalam pembelajaran IPS maka siklus dihentikan.



Dari siklus di atas dapat dibuat bagan sebagai berikut :


I.       JADWAL PENELITIAN
No
Kegiatan
Bulan
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Persiapan

























- Identifikasi Masalah

v























- Penyusunan Proposal



v





















- Seminar




v




















- Penyusunan Tindakan





v


















2
Pelaksanaan Siklus I

























- Perencanaan







v

















- Pelaksanaan








v
















- Observasi








v
















- Analisis Data









v















- Refleksi










v













3
Pelaksanaan Siklus II

























- Perencanaan













v











- Pelaksanaan














v










- Observasi














v










- Analisis Data
















v








- Refleksi

















v






4
Penyusunan Hasil Laporan



















v




5
Pelaporan





















v



J.      BIAYA PENELITIAN
Akibat yang timbul dari penelitian ini menjadi tanggung jawab peneliti. Adapun biaya tersebut adalah :
1.      Foto copy                                  :    Rp.          50.000
2.      Kertas folio 1 pack                    :    Rp.          25.000
3.      Jilid buku                                  :    Rp.          25.000
4.      Rental komputer                       :    Rp.        100.000
5.      Seminar                                     :    Rp.        500.000
6.      Alat tulis                                   :    Rp.          25.000
Jumlah                                     :    Rp.        725.000

K.    PERSONALIA PENELITIAN
Penelitian ini melibatkan tim peneliti, identitas dan tim tersebut adalah :
1.      Nama                 :     Rini Puji Lestari
NIM                  :     X8906520
Pekerjaan           :     Guru SDN 2 Mojo, Andong, Boyolali
Sebagai              :     Peneliti Penelitian Tindakan Kelas
2.      Nama                 :     Endar Mursanti, S.Pd.
NIP                    :     19590417 197802 2 003
Pekerjaan           :     Kepala SDN 2 Mojo, Andong, Boyolali
Sebagai              :     Pengamat

L.     DAFTAR PUSTAKA
Dr. Dimyati, Drs. Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Aneka Cipta.

Sadiman Arif S. 2002. Media Pendidikan. Pustekkom Dikbud dan PT. Raja Grafindo Persada.

Sunaryo. 1989. Strategi Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Malang: IKIP Malang.

M.   LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.      Instrumen Penelitian
2.      Curriculum Vitae Peneliti











 







USULAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR GUNA MENINGKATKAN
KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV
SDN 2 MOJO KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010




Oleh :
RINI PUJI LESTARI
NIM X8906520


PROGRAM PJJ S-1 PGSD
JURUSAN ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA
Juli, 2009

 
HALAMAN PENGESAHAN
USULAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(CLASSROOM ACTION RESEARCH)

1.  Judul Penelitian
Penggunaan Media Gambar Guna Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas IV SDN 2 Mojo Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2009/2010
2.  a.  Mata Pelajaran
     b.  Bidang Kajian
IPS
Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa
3.  Peneliti
a.  Nama
b.  NIM
c.  Program Studi
d.  Jurusan
e.  Fakultas
f.  Universitas
g.  Alamat Rumah
     Nomor Telepon/HP
     Email

RINI PUJI LESTARI
X8906520
PJJ S-1 PGSD
Ilmu Pendidikan
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Sebelas Maret Surakarta
Blagung RT. 14 RW. 03, Simo, Boyolali
081226105052
4.  Lama Penelitian
4 bulan / dari
Bulan Juli 2009 sampai bulan Oktober 2009
5.  Biaya yang diperlukan
a.  Sumber dari Ditjen Dikti
b.  Sumber lain, sebutkan
      …………………………
      Jumlah

Rp.                               –
Rp.                    725.000

Rp.                    725.000

Mengetahui                                                                  Andong, 16 Juli 2009
Kepala Sekolah                                                            Peneliti,



Endar Mursanti, S.Pd.                                              Rini Puji Lestari
NIP. 19590417 197802 2 003                                     NIM. X8906520
Mengetahui
An. Dekan FKIP UNS,




Prof. Dr. rer. nat. Sajidan, M.Si.
ii
 
NIP. 131647768
HALAMAN PERSETUJUAN
USULAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(CLASSROOM ACTION RESEARCH)


Usulan Penelitian Tindakan Kelas dengan judul “PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR GUNA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN 2 MOJO KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010”.
Telah disetujui oleh :










Dosen Pembimbing,                                                    Guru Pendamping/Supervisor,



Dra. Jenny ISP, M.Pd.                                              Endar Mursanti, S.Pd.
NIP. 131677431                                                          NIP. 19590417 197802 2 003



iii
 

DAFTAR ISI
 

Halaman
SAMPUL USULAN PENELITIAN ............................................................................ i
HALAMAN PENGESAHAN .................................................................................... ii
HALAMAN PERSETUJUAN ................................................................................... iii
DAFTAR ISI .............................................................................................................. iv
A.    Judul Penelitian ...................................................................................................... 1
B.     Mata Pelajaran dan Bidang Kajian ......................................................................... 1
C.     Pendahuluan ........................................................................................................... 1
D.    Rumusan Masalah dan Pemecahannya  .................................................................. 2
E.     Tujuan Penelitian .................................................................................................... 2
F.      Manfaat Hasil Penelitian  ....................................................................................... 3
G.    Kajian Pustaka ........................................................................................................ 3
H.    Prosedur Penelitian  ................................................................................................ 8
I.       Jadwal Penelitian .................................................................................................. 13
J.       Biaya Penelitian  ................................................................................................... 13
K.    Daftar Pustaka ...................................................................................................... 14
L.     Lampiran-Lampiran .............................................................................................. 14
1.      Instrumen Penelitian ....................................................................................... 15
2.      Curriculum Vitae Peneliti ............................................................................... 16
3.      Lembar Pengamatan Siswa ............................................................................. 17


iv
 

Lampiran 1
15
 
 

INSTRUMEN PENELITIAN

No
Nama Peneliti
Peran/Tugas Peneliti
Waktu Yang Disediakan Per Minggu
1.
Rini Puji Lestari
Peneliti
24 Minggu
2.
Endar Mursanti, S.Pd.
Pengamat
24 Minggu















Lampiran 2
16
 
 

CURRICULUM VITAE

1.      Nama                                                        :   RINI PUJI LESTARI
2.      NIM                                                         :   X8906520
3.      Tempat dan Tanggal Lahir                       :   Boyolali, 18 Januari 1983
4.      Jenis Kelamin                                           :   Perempuan
5.      Tempat Tugas                                           :   SDN 2 Mojo, Andong
6.      Alamat Kantor                                         :   Mojo, Andong, Boyolali
Nomor Telepon/Fax                                 :   –
Alamat Email                                           :   –
7.      Alamat Rumah                                         :   Blagung RT. 14 RW. 03, Simo, Bi
Nomor Telepon/HP                                  :   081226105052
8.      Riwayat Pendidikan                                 :   – SD Negeri Blagung          tahun 1995
                                                               – SMP Negeri 2 Simo          tahun 1998
                                                               – SMA Negeri 1 Simo         tahun 2001
                                                               – D-II PGSD UNS              tahun 2003
9.      Pengalaman Penelitian Yang Relevan      :   –
10.  Publikasi Ilmiah Yang Relevan                :   –
11.  Pertemuan Ilmiah Yang Pernah Diikuti   :   –


Andong, 16 Juli 2009



RINI PUJI LESTARI


Lampiran 3
17
 
 

LEMBAR PENGAMATAN SISWA

No
Nama
Penilaian
Keaktifan
Partisipasi
Kedisiplinan
1
Trisno Riyadi



2
Wahyu Wulandari



3
Ahmad Yuliyanto



4
Anas Zainal M.



5
Driyah Ayu K.



6
Eva Zuliana



7
Elva Amelinda



8
Feri Rohman



9
Lina Dwi Safitri



10
Liya Warokah



11
Luluh Safita Dewi



12
Rarasto



13
Sri Wulandari



14
Puji Astuti



15
Sheli Marlina



16
Santi



17
Shonia Sinta Z



18
Tomi Ardiyansah



19
Tia Suci Rahmadani



20
Indah Anggita Sari



21
Maya Renia Sari









Next Prev home

0 komentar:

Posting Komentar

tutorial blogpengobatan tradisional