Rabu, 13 April 2011

Teori Belajar David Ausubel


Ausubel membedakan antara belajar bermakna dan belajar menghafal. Belajar bermakna adalah suatu proses
dikaitkannya informasi baru pada konsep-konsep relevan yang terdapat dalam struktur kognitif seseorang.
Faktor yang paling penting yang mempengaruhi belajar ialah apa yang telah diketahui peserta didik (Trianto,
2007:25). Sedangkan belajar menghafal diperlukan untuk memperoleh informasi baru seperti definisi.
Dalam penelitian ini, teori belajar David Ausubel ini berhubungan erat ketika menyusun hasil temuan atau hasil
diskusi pada kelompok, mereka selalu mengkaitkan dengan pengertian-pengertian yang telah mereka miliki
sebelumnya. Sehingga jika dikaitkan dengan model pembelajaran berdasarkan pemecahan masalah, di mana
peserta didik mampu mengerjakan permasalahan yang autentik sangat memerlukan konsep awal yang sudah
dimiliki peserta didik sebelumnya untuk suatu penyelesaian nyata dari permasalahan yang nyata(Trianto, 2007;
26).
Next Prev home

0 komentar:

Posting Komentar

tutorial blogpengobatan tradisional