Senin, 19 November 2012

kalkulator sederhana dengan c++ / c

         selamat siang aa teteh, :p. langsung saja kali ini saya akan memberikan koding program kalkulator sederhana dengan menggunakan bahasa C / C++. dalam program kalkulator kali ini baru bisa untuk menghitung dua bilangan saja dan untuk koding kalkulator yang banyak bilangan bisa di tunggu nanti, :p.  Alat dan bahan - bahan yang di gunakan cukup siapkan saja 1 unit computer atau laptop yang  sudah di install  program C / C++ tentunya. dan kalo ada yang belum tau dan belum paham bahsa c itu apa silahkan buka postingan - postingan saya yang sebelumnya. :p. kali ini dalam membuat program kalkulator saya akan menggunakan fungsi IF ELSE saja. sebenarnya ada banyak cara untuk membuat program seperti ini, seperti kita bisa menggunakan fungsi switch case, for, while do dan lain - lain, tapi saya rasa menggunakan fungsi IF ELSE itu merupakan cara paling gampang walaupun masih ada cara lain yang lebih simple :p.
        Sebenarnya saya membuat koding ini karena tadi malam saya abis ikut lomba koding di poltekpos dan soalnya tentang script program kalkulator. saya lihat programnya sangat simple tapi ko kenapa scricpt nya panjang lebar begitu, jadi saya merasa penasaran dan akhirnya saya coba membuat program yang serupa dan ternyata kode script yang saya buat tidak seribet yang saya dapatkan dalam lomba koding semalem :p. jadi panjang lebar nih, Kalo begitu ok langsung saja kita lihat koding di bawah ini dan pahami dengan baik - baik. bagi yang belum tau silahkan di kopy paste aja dan kemudian di compile sendiri - sendiri :p :
  
#include”stdio.h”
#include”conio.h”
main()
{
int bil1,bil2,n;
float hasil;
printf(“masukan bil 1 : “); scanf(“%d”,&bil1);
printf(“masukan bil 2 : “); scanf(“%d”,&bil2);
printf(“pilih perhitungan : 1. +  2. –  3. *  4. /  \n pilihan : “);
scanf(“%d”,&a);
if (a==1) { hasil = bil1 + bil2;}
else if (a==2) {hasil = bil1 – bil2;}
else if (a==3) { hasil = bil1 * bil2;}
else if (a==4) { hasil = bil1 / bil2;}
else {printf(“anda salah memasukan perintah”);}
printf(“\n\n hasil = %10.2f”,hasil);
getch();
printf(“Program ini di buat oleh kang BASUKI CAHYO”);
getch();
}
OK saya kira seperti itu kodingnya, bagi yang ngrasa bingung atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar :p.
Next Prev home

0 komentar:

Posting Komentar

tutorial blogpengobatan tradisional