Rabu, 13 April 2011

Teori Belajar Vygotsky



Teori belajar Vygotsky sejalan dengan teori perkembangan Piaget yang meyakini bahwa perkembangan intelektual terjadi pada saat individu menghadapi tantangan dan pengalaman baru, serta untuk memecahkan masalah yang muncul. Dalam upaya mendapatkan pemahaman, individu yang bersangkutan berusaha mengkaitkan pengalaman baru dengan pengalaman yang telah dimilikinya kemudian membangun pengertian baru.
Teori Vygotsky ini, lebih menekankan pada aspek sosial dari pembelajaran. Menurut Vygotsky (Trianto, 2007:27) bahwa proses pembelajaran akan terjadi jika anak bekerja atau menangani tugas-tugas yang belum dipelajari, namun tugas-tugas tersebut masih berada dalam jangkauan mereka disebut dengan zone of proximal development, yakni daerah tingkat perkembangan sedikit di atas daerah perkembangan seseorang saat ini.
Prinsip-prinsip teori Vygotsky ini merupakan bagian kegiatan pembelajaran berbasis proyek melalui bekerja kelompok kecil. Peran kerja kelompok ini adalah untuk mengembangkan kemampuan aktual peserta didik, dengan kerja kelompok maka beberapa penemuan kembali yang dilakukan peserta didik dapat dikumpulkan kemudian digeneralisasikan atau disimpulkan secara bersama dalam kelompok itu. Bilamana terjadi kesulitan dalam menyelesaikan masalah secara kelompok peserta didik, maka guru dapat membantunya.
Next Prev home

0 komentar:

Posting Komentar

tutorial blogpengobatan tradisional